Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei Capres Terus Bermunculan

Ganjar-Anies Di Tangga Naik, Prabowo Di Jalur Penurunan

Sabtu, 16 Juli 2022 07:39 WIB
Dari kiri: Menteri Pertahanan/Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)
Dari kiri: Menteri Pertahanan/Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei capres terus bermunculan. Sepekan terakhir, ada lima lembaga yang merilis survei capres. Secara umum, hasilnya kurang lebih sama. Posisi tiga besar masih ditempati Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Di survei-survei ini, Ganjar dan Anies dalam tren naik. Sementara, Prabowo berada di jalur penurunan.

Kemarin, ada dua lembaga yang merilis hasil survei capres. Yaitu, Indopol Survey and Consulting, dan Lembaga Survei Nasional (LSN).

Indopol menggelar survei pada 24 Juni-1 Juli 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 1.230 responden. Hasilnya, papan atas ditempati Ganjar, Prabowo, dan Anies. Namun, elektabilitas Prabowo turun signifikan, sementara elektabilitas Ganjar dan Anies naik.

Baca juga : Ganjar Juara Di Dunia Nyata, Anies Jawara Di Dunia Maya

Dalam simulasi terbuka, Ganjar berada di urutan pertama dengan mendapat dukungan 17,89 persen, atau naik 3,91 persen dari survei Juni 2022 sebesar 13,98 persen. Di posisi kedua Anies dengan raihan 16,42 persen, atau naik 6,01 persen dari survei Juni 2022 sebesar 10,41 persen. Sementara, elektabilitas Prabowo hanya 8,94 persen. Angka ini turun dibanding survei Januari 2022 yang masih 15,85 persen. "Prabowo mengalami penurunan signifikan," kata Direktur Eksekutif Indopol Ratno Sulistiyanto, saat paparan survei secara daring, kemarin.

Dalam simulasi tiga nama, posisi tidak berubah. Ganjar di posisi puncak dengan  29,92 persen, disusul Anies 24,96 persen, dan Prabowo 16,34 persen.

Hasil survei ini mirip dengan survei Parameter Politik Indonesia yang dirilis Selasa lalu. Dalam survei itu disebutkan, Ganjar, yang biasa di posisi kedua, sudah naik ke posisi pertama. Elektabilitas Ganjar sudah unggul 6 persen dibanding Prabowo. Dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Ganjar mencapai 32,2 persen, diikuti Prabowo 26,4 persen, dan Anies 22,3 persen.

Baca juga : Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo Dan Anies

Rabu kemarin, Charta Politika juga merilis hasil survei capres. Survei digelar di tiga provinsi di Jawa yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tiga provinsi ini dipilih karena paling banyak pemilihnya. Hasilnya Ganjar unggul di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Prabowo unggul di Jawa Barat. Sementara Anies berada di posisi kedua di tiga provinsi itu.

Hasil agak beda disajikan Lembaga Survei Nasional (LSN). LSN menggelar survei pada 10-24 Juni 2022 dengan mewawancarai 1.500 responden. Hasilnya, Prabowo berada di puncak dengan elektabilitas 29,5 persen. Di bawahnya ada ada Ganjar dengan 20,9 persen, dan Anies 18,5 persen. Di papan tengah ada nama Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno. Sementara di papan bawah ada Puan Maharani dan Muhaimin Iskandar.

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry menyampaikan, tingkat keloyalan calon pemilih belum terlalu mantap dengan capres pilihannya saat ini, yakni baru sebesar 52 persen. "Artinya, tingkat swing voters atau pemilih yang masih mungkin berubah dari capres pilihannya saat ini masih cukup tinggi," kata Gema, dalam konferensi pers, kemarin.

Baca juga : Jadi Capres Itu Berat, Biar Prabowo Saja Yang Maju!

Meski elektabilitas Prabowo mengalami tren penurunan, Partai Gerindra tampak tak terpengaruh. Partai berlambang kepala garuda itu tetap konsisten akan mendorong ketua umumnya untuk nyapres. Beberapa daerah pun sudah siap menggelar deklarasi.

Salah satunya yang dipersiapkan DPD Gerindra Sulawesi Selatan. Ketua DPD Gerindra Sulawesi Selatan Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan, deklarasi Prabowo capres di Sulsel akan digelar akhir Juli ini. Deklarasi akan digelar bertepatan dengan pelantikan pengurus DPD Gerindra Sulsel.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.