Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hasil Survei Capres

Ganjar Juara Di Dunia Nyata, Anies Jawara Di Dunia Maya

Jumat, 15 Juli 2022 07:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan makin berkibar di survei capres 2024. Bedanya, Ganjar juara di dunia nyata, Anies jawara di dunia maya.

Kemarin, Charta Politika Indonesia kembali memaparkan hasil survei terbarunya soal elektabilitas capres. Namun, kali ini, Charta Politika lebih spesifik mengukur elektabilitas capres di 3 daerah di Pulau Jawa yang memiliki jumlah penduduk terbanyak. Yakni, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Hasilnya, Ganjar menang telak di dua wilayah, yakni Jateng dan Jatim. Di Jateng yang merupakan kandang banteng, elektabilitas Ganjar mencapai 71,5 persen, jauh mengungguli tokoh-tokoh lain dalam simulasi 10 nama capres.  Di peringkat kedua, ada Prabowo Subianto yang memperoleh 7,6 persen. Sedangkan Anies hanya memperoleh 6,2 persen saja. "(Unggul) jauh di atas nama-nama lainnya," ungkap Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya.

Baca juga : Pecah, Ribuan Srikandi Lampung Dukung Ganjar Lewat Konser Cinta, Rasa, Dan Warna Milenial

Sementara di Jawa Timur, peta 3 besar capres berubah. Peringkat Prabowo digeser oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang mendapat 15 persen. Sedangkan posisi teratas, masih ditempati Ganjar dengan memperoleh 31,8 persen. Di bawahnya ada Anies dengan 17 persen.

Di Jawa Barat, Ganjar keok. Di posisi teratas, ditempati Prabowo dengan elektabilitas mencapai 26,9 persen. Di bawahnya, ada Anies yang mendapat 22 persen. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di peringkat ketiga dengan memperoleh 19,5 persen.

Survei yang dilakukan Charta Politika ini dilakukan 24-30 Juni 2022. Jumlah sampelnya 1.200 responden per provinsi dengan margin of error (MoE) 2,83 persen.

Baca juga : Garuda Diramal Akan Jadi Global Player

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka langsung. Dengan menggunakan kuesioner terstruktur dan protokol kesehatan yang ketat. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya, lembaga Parameter Politik Indonesia (PPI) yang dipimpin Adi Prayitno juga baru mengeluarkan hasil survei terbarunya. Dalam survei tersebut, Ganjar menjadi capres urutan teratas dengan elektabilitas 25,4 persen. Di bawahnya, Prabowo mendapat 19 persen dan Anies memperoleh 17,8 persen.

Itu peta survei di dunia nyata. Survei capres di dunia maya lain lagi hasilnya. Anies lah yang menjadi jawaranya. Fakta ini bisa dilihat dari riset yang dilakukan Drone Emprit, analis media sosial terkenal dengan basis big data.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.