Dark/Light Mode

Dua Menteri Jokowi Sambut Kepulangan Jemaah Haji Kloter Pertama

Sabtu, 16 Juli 2022 19:07 WIB
Menko PMK sambut kedatangan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng
Menko PMK sambut kedatangan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng

RM.id  Rakyat Merdeka - Kloter pertama haji Indonesia yang berangkat dari Embarkasi Jakarta–Bekasi (JKS 1) dan Jakarta–Pondok Gede (JKG 1) tiba di Tanah Air pada, Jumat (15/7).

Jemaah JKS 1 tiba Pukul 23.05 WIB dengan Saudia Airlines (SV 5630). Maskapai ini membawa 410 jemaah dan petugas. Seluruh jemaah dalam kondisi baik dan sehat. Kemudian JKG 1 tiba dengan Garuda Indonesia (GIA 7401). Total ada 389 jemaah dan petugas yang juga dalam kondisi baik dan sehat. 

Kedatangan jemaah Haji disambut Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. 

Baca juga : Garuda Layani Kepulangan Jemaah Haji, Kloter Solo Balik Duluan

Atas nama Pemerintah, Muhadjir mengucapkan selamat datang kepada para jemaah. Menko PMK mendoakan semua jemaah mendapatkan haji mabrur serta sampai ke tempat masing-masing dalam keadaan selamat dan sehat wal afiat.

“Mewakili Presiden Jokowi, saya mengucapkan selamat datang kembali di Tanah Air. Bapak dan Ibu Haji insya Allah semuanya mendapatkan haji mabrur,” sapa Muhadjir kepada para jemaah.

Muhadjir juga menyampaikan harapannya kepada jemaah haji Debarkasi Jakarta yang sudah rampung melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji agar merawat kemabruran hajinya. Haji mabrur adalah orang yang hajinya diterima oleh Allah Swt.

Baca juga : Dukcapil Terbitkan 16 Akta Kematian Jemaah Haji Secara Cepat dan Mudah

“Tanda-tanda haji mabrur terlihat bukan di saat menunaikan ibadah haji, tapi kemabruran seseorang itu terlihat setelah pulang menunaikan ibadah haji. Apakah berperilaku semakin baik atau tidak, akan menjadi ukuran kemabrurannya. Ketika jemaah haji melakukan thawaf, sesungguhnya jemaah berikrar di depan Allah Swt akan menghabiskan sebagian waktu, harta dan kesempatan umurnya untuk beribadah,” ujarnya.

Sedangkan dua kloter lainnya juga turut mengawali kepulangan jemaah haji Indonesia, masing-masing jemaah haji yang tergabung dalam Kloter Pertama Debarkasi Solo (SOC 1) dengan 360 jemaah dan petugas. Mereka tiba pukul 22.15 WIB di Bandara Adi Sumarmo. Sementara Kloter Pertama Debarkasi Padang (PDG 1) dengan 393 jemaah dan petugas, mendarat pukul. 20.40 WIB.

Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan terus melakukan pemantauan kesehatan kepada semua jemaah haji yang tiba di Tanah Air dengan pengecekan suhu badan menggunakan thermal scanner dan thermal gun di semua bandara debarkasi.

Baca juga : Pemerintah Skrining Ketat Kepulangan Jemaah Haji Yang Tiba di Indonesia

Jemaah haji juga terus diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan, baik saat berada di Arab Saudi, menjelang kepulangan dan saat tiba di bandara debarkasi serta Pemerintah juga memastikan tidak ada karantina setelah kedatangan jemaah di Tanah Air.

Untuk jemaah yang wafat di tanah suci, tercatat ada satu jemaah yang wafat saat tiba di tanah suci, atas nama Suhati Rahmat Ali. Almarhumah yang berangkat bersama suaminya (Zainal) wafat pada Sabtu, 4 Juni 2022 dan dimakamkan di Madinah.■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.