Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tiba Di Minang, Jemaah Kloter 01 Padang Puji Pelayanan Di Arab Saudi

Sabtu, 16 Juli 2022 19:12 WIB
Jemaah haji asal Kota Padang tiba di Asrama Haji (foto:kemenag)
Jemaah haji asal Kota Padang tiba di Asrama Haji (foto:kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepulangan jemaah haji kloter pertama dari Arab Saudi, mulai berlangsung di sejumlah bandara di Indonesia. 

Di Debarkasi Padang (PDG), sebanyak 393 jemaah kloter 01Padang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menggunakan maskapai Garuda (GIA 3401) pada Jumat (15/7) sekitar pukul 21.14 WIB. 

Setelah proses pemeriksaan imigrasi di Bandara BIM, ratusan jemaah haji asal Kota Padang ini diantar mengunakan 10 bus sampai di asrama haji Kota Padang pukul 23.00 WIB. 

Kedatangan mereka disambut spanduk berukuran 7 x  3 meter yang membentang di depan Aula Makkatul Mukarramah Asrama Haji Padang, tempat jemaah dikumpulkan jelang kepulangan ke rumah masing-masing. 

Baca juga : LSI Denny JA: Netizen Pegang Peranan Kunci Untuk Pemenangan Di Pilpres 2024

Kepulangan jemaah setelah melakukan perjalanan selama 41 hari di tanah suci menyisakan kesan mendalam, khususnya pelayanan bagi segenap jemaah haji 01 Kota Padang. Mereka menilai, pelayanan yang didapat selama penyelengaraan ibadah haji benar-benar menjadi anugerah terindah. 

Hal ini misalnya disarakan oleh Ardi Abbas, salah seorang jemaah kloter 01 Kota Padang. Ia tak henti-hentinya mengucap alhamduliah saat ditanya bagaimana pelayanan selama penyelenggaraan ibadah haji di tanah suci. 

"Alhamdulillah, soal pelayanan mulai dari konsumsi, akomodasi dan transportasi asli rancak bana. Terima kasih Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi," kata Ardi Abbas, Dosen Universitas Andalas (Unand) Padang di Asrama Haji Kota Padang, Sabtu (16/7). 

Menurutnya, pujian dan apresiasi patut disematkan kepada Pemerintah Indonesia, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) beserta Pemerintah Arab Saudi. 

Baca juga : Mulai 15 Juli, Enam Kloter Jemaah Haji Pulang Ke Tanah Air

"Bagi kami pelayanan yang diberikan selama menunaikan ibadah haji tahun ini sudah mendekati sempurna. Sebab sempurna hanya milik Allah SWT Soal makan, transportasi, konsumsi serta pelayanan yang kami terima sangat memuaskan. Apalagi tidak ada jemaah kami yang tersesat maupun keluar dari rombongan," ujarnya. 

Hal yang sama juga dialami Darwiani Darwis. Perempuan paruh baya ini merasakan kepuasan mendalam dari penyelenggaraan ibadah haji 1443H. 

"Sadonyo rancak (semuanya bagus). Pelayanan yang diberikan Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi membuat kami nyaman dalam menunaikan setiap rangkaian ibadah haji," kata Darwiani. 

Kepulangan jemaah haji kloter 01 Kota Padang disambut oleh Sekdaprov Sumbar, Kapolda Sumbar, Walikota Padang dan Kakanwil Kemenag Sumbar. 

Baca juga : Danone Sudah Terapkan Cuti Melahirkan 6 Bulan Sejak 2016

Dalam prosesi kepulangan ini, keluarga jemaah yang akan menjemput tidak diizinkan masuk ke asrama haji. Mereka hanya boleh menjemput keluarga di depan gerbang masuk asrama haji Kota Padang.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.