Dark/Light Mode

Banjir Lagi

Musuh-musuh Anies Langsung Berkicau

Minggu, 17 Juli 2022 06:40 WIB
Banjir merendam warga di Ciledug, Tangerang. (ANTARA FOTO)
Banjir merendam warga di Ciledug, Tangerang. (ANTARA FOTO)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hujan lebat yang mengguyur Jabodetabek, dari Jumat sore hingga kemarin pagi, membuat sejumlah titik di Jakarta, terendam banjir. Seperti biasa, setiap Jakarta banjir, musuh-musuh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, langsung berisik, berkicau di dunia maya.

Banjir mulai menerjang Jakarta sejak Sabtu dini hari. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI melaporkan, pada kemarin pagi, ada 92 RT yang terkena banjir. Beranjak sore, banjir perlahan surut. Sampai tadi malam, tinggal 25 RT yang masih terendam banjir. Di antaranya, 10 RT di Kelurahan Pondok Pinang dan 2 RT di Kelurahan Kebayoran Lama. Banjir melanda kawasan ini karena luapan kali Pesanggrahan. Ketinggian air bervariasi. Mulai dari selutut hingga setinggi paha orang dewasa.

Baca juga : Gagal Ke Final, Laskar Mahesa Jenar Langsung Fokus Ke Liga 1

Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Muhammad Insyaf menyebut, banjir terjadi karena curah hujan tinggi. BPBD terus berjibaku menangani banjir tersebut. “Genangan ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," kata Insyaf, dalam keterangan tertulis, tadi malam.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui, masih ada wilayah yang terendam banjir. Meski begitu, ia mengklaim, secara umum, program penanganan banjir di Jakarta cukup berhasil.

Baca juga : Anies-Emil Ajak Anak Muda Berpartisipasi Di G20

"Hanya ada beberapa genangan, dan berhasil diatasi. Secara umum, program-program banjir itu cukup berhasil, ya," kata Riza, saat ditemui wartawan di tengah acara PKK dan Dasawisma, di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemarin.

Di acara yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga diserbu wartawan yang mau menanyai soal penanganan banjir. Namun, Anies bersedia diwawancara.

Baca juga : Lenglet Ditendang Barca

"Nanti dulu. Soal acara (PKK dan Dasawisma di JIS) ini saja. Saya sedang ditunggu soalnya," kata Anies.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan, hujan lebat akan terus turun dalam sepekan ke depan. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, terjadinya hujan di Jabodetabek karena adanya fenomena La Nina. "Fenomena La Nina pada Juli ini diidentifikasi masih cukup aktif dengan kategori lemah," ujar Guswanto, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.