Dark/Light Mode

Ibu Hamil Yang Miskin Gratis Masuk Rumah Sakit

Sumpah, Negara Baik Banget

Senin, 18 Juli 2022 06:45 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Menjelang Persalinan. (Foto : Africa Studio/Shutterstock).
Ilustrasi Ibu Hamil Menjelang Persalinan. (Foto : Africa Studio/Shutterstock).

 Sebelumnya 
Netizen menyambuat baik terbitnya Inpres Nomor 5 Tahun 2022 tentang Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan Bagi Ibu Hamil, Bersalin, Nifas, dan Bayi Baru Lahir. Aturan ini diyakini dapat mencegah kematian ibu dan bayi saat melahirkan.

“Peraturan ini untuk mereka yang tidak mampu dan fakir miskin,” kata @CircleoOfLife. “Alhamdulillah, Pak Jokowi telah membebaskan biaya persalinan bagi Ibu hamil fakir miskin,” sambung @GomarusBudiatna.

Akun @iggapuspita mengatakan, biaya persalinan bagi ibu hamil yang miskin gratis ditanggung negara. “Sumpah enak banget nih negara,” puji dia.

Akun @Dimas_seno mengatakan, seharusnya sejak dulu ibu hamil yang miskin, biaya persalinannya ditanggung negara. Soalnya, kata dia, seringkali terjadi rakyat miskin yang melahirkan tidak bisa melunasi biaya persalinan.

Baca juga : Mak Ganjar Sulsel Gelar Baksos Di Desa Tapong

“Sang bayi ditahan pihak rumah sakit atau pada klinik bersalin, sampai dilunasi biayanya,” ungkapnya.

Menurut @OneRoyal86, Inpres tersebut dapat meningkatkan akses pelayanan kesehatan kepada ibu hamil, bersalin, nifas & bayi baru lahir yang memenuhi kriteria fakir miskin dan tidak mampu. Serta, tidak memiliki jaminan kesehatan.

“Untuk mencegah kematian ibu dan bayi di Indonesia,” ujarnya.

Akun @Hasmi_Bakhtiar mengatakan, negara yang sehat adalah di mana warganya tidak takut saat para istri mereka hamil dan melahirkan. Soalnya, biaya persalinan sudah digratiskan, khususnya bagi yang miskin.

Baca juga : Prabowo: Sudahlah Kalian Yang Tebak, Kalau Saya Cerita, Nggak Seru...

“Tetap dua anak cukup. Jangan karena persalinannya dibiayai negara, suami bikinnya tanpa henti,” kata @MuhammadTuhasan.

Namun, @dantepamungkas kurang setuju dengan inpres tersebut. Alasanya, kata dia, ibu hamil selama ini ada BPJS Kesehatan dan yang miskin sudah tercover oleh Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS.

“Jadi Pemerintah nggak becus mendata masyarakat miskin yang berhak menerima bantuan BPJS Kesehatan,” kritiknya.

Akun @azt_tha menyambung. Dia bilang, seharusnya untuk ibu hamil sudah mempersiapkan biaya untuk persalinannya. Kata dia, masyarakat jangan hanya mengandalkan uang negara.

Baca juga : Jokowi Kasih 3 Solusi, Salah Satunya, Suara Negara Berkembang Harus Didengar

“Sungguh enak dan bersyukur tinggal di Indonesia. Sebab, sekolah, sembako, berobat dibantu negara. Bahkan, enaknya lagi nambah anak juga ditanggung negara,” kata @GrsJulius. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.