Dark/Light Mode

11 Ton Rendang Qurban Barakah Didistribusikan Ke Warga DKI Yang Membutuhkan

Kamis, 14 Juli 2022 20:36 WIB
Proses pendistribusian Rendang Qurban Barakah oleh anggota Polda Metro Jaya. (Foto: Dok. Polda Metro Jaya)
Proses pendistribusian Rendang Qurban Barakah oleh anggota Polda Metro Jaya. (Foto: Dok. Polda Metro Jaya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan SiapBergerak sukses menyalurkan daging olahan rendang dari Program Qurban Barakah ke masyarakat di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Keberhasilan ini dipuji Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

Ketua Seksi Relawan Posko Qurban Barakah Kompol Supriyanto menerangkan, 100 relawan SiapBergerak bersama personil anggota Kepolisian, secara tiga hari berturut-turut, dimulai pukul 08.00 hingga 17.00, menyalurkan 11 ton paket daging rendang. Jumlah penerimanya mencapai 12.455 orang.

“Ribuan paket yang dipanggul menembus lokasi yang tidak mudah diakses transportasi darat, seperti motor sekali pun. Bapak Kapolda sejak tahun lalu mendesain Qurban Barakah dengan membagikan daging yang sudah siap dikonsumsi, agar masyarakat tidak perlu lagi membeli bahan, mengolahnya, bahkan rendang juga dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama,” ujar Supriyanto.

Baca juga : PT MSK Harap Dalang Sebenarnya Terungkap

Dia melanjutkan, penyaluran dilakukan dengan konsep dari rumah ke rumah (door to door) oleh para Relawan SiapBergerak dan anggota Kepolisian. Di beberapa wilayah, tercipta inovasi dalam memastikan seluruh paket tersampaikan dengan baik kepada warga yang membutuhkan dan tepat sasaran, seperti nenek-nenek yang hidup sebatang kara di kawasan padat pemukiman hingga para penyandang disabilitas. “Inovasi tersebut berupa tas khusus, kendaraan modifikasi agar mampu melewati medan yang sulit,” terang Supriyanto
 
Dia menambahkan, berkaca dari pengalaman bekerja sama dengan 12.575 relawan untuk bekerja sosial di 2.237 titik pada kegiatan Vaksinasi Merdeka, jumlah pendaftar yang antusias lebih dari 50 ribu calon relawan. “Dalam beta test aplikasi SiapBergerak, kami juga menghadirkan dua relawan junior Sora Al Gamar (15 tahun) dan Putie Hikari (13 tahun), yang bekerja di Wilayah Polsek Pademangan untuk bergerak dari satu gang ke gang lain menyalurkan minimal 37 paket daging rendang per hari per individu,” terang Supriyanto.

Sora Al Gamar mengaku, awalnya dia ikutan kegiatan itu hanya untuk mengisi masa liburan dengan kegiatan yang berbeda. Namun, setelah itu, dia ketagihan menjadi relawan. “Saya senang bisa ke tempat-tempat yang tidak pernah dikunjungi sebelumnya dan saya bisa menjadi manusia yang berarti dengan membagikan makanan rendang untuk masyarakat,” ujarnya.

Putie Hikari juga amat senang bisa mengikuti kegiatan itu. Putie mengaku, dirinya adalah generasi layar, generasi rebahan yang hampir 3 tahun akibat pandemi Covid-19. Awalnya, dia sempat deg-degan ketika mendengar kerja dengan polisi dan relawan-relawan senior. Khawatir apakah akan diterima atau tidak.

Baca juga : Ringankan Biaya Listrik Bulanan, Begini Caranya Turun Daya

“Tapi ternyata kehidupan di luar rumah indah. Saya belajar bekerja sama dalam sebuah tim yang kompak, dipimpin Bapak Polisi yang bersahabat. Saya belajar mengenal kehidupan masyarakat yang tidak pernah saya pikirkan ada sebelumnya,” ucap siswa kelas II SMP.

Ketua Program SiapBergerak Devie Rahmawati menerangkan, pihaknya hadir untuk memudahkan semangat kerelawanan dalam melakukan kebaikan. Untuk menjadi relawan, banyak tantangannya seperti keterbatasan akses calon relawan, ketidakjelasan hak dan kewajiban, perhitungan insentif yang simpang siur.

“Sedangkan bagi mitra yang ingin mengajak relawan dalam program mereka, tantangannya ialah belum ada saluran terpercaya untuk mencari relawan berkualitas; mengelola relawan dalam jumlah besar sulit dan costly; butuh durasi lama untuk melakukan verifikasi relawan. Inilah kenapa SiapBergerak hadir dengan metode digital 4.0, yang ingin menjawab tantangan-tantangan tersebut,” terang Devie.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.