Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunjungi Istiqlal Dan Katedral, Delegasi Y20 Belajar Kerukunan Beragama

Sabtu, 23 Juli 2022 22:47 WIB
Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasruddin Umar. (Foto: Ist)
Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasruddin Umar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Delegasi Y20 mengunjungi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Jakarta Pusat, Selasa lalu. Kunjungan mereka untuk menyaksikan secara langsung kerukunan beragama dan keberagaman di tanah air.

Pada kegiatan ini, para delegasi muda bertemu dengan Imam Besar Nasruddin Umar dan Uskup Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmojo.

Kunjungan delegasi Y20 disambut langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Ia mengatakan bahwa, Masjid Istiqlal merupakan salah satu simbol keberagaman RI.

Baca juga : KMP Kaldera Toba Kawal Delegasi W20 Summit Ke Pulau Samosir

"Mungkin kalian mendengar tentang Masjid Istiqlal dari suatu tempat akan tetapi saat ini kalian berada di dalam sini yaitu salah satu simbol keberagaman," ujar Nasaruddin.

Tak hanya itu, Nasaruddin juga merasa senang karena terlibat dalam rangkaian Youth 20 atau Y20 Indonesia 2022 Summit dan kedatangan para delegasi tersebut.

Sementara itu, Uskup Kardinal Suharyo mengatakan lokasi Katedral yang bersebelahan dengan Masjid Istiqlal ini bersifat simbolis.

Baca juga : Pertambangan Ilegal Harus Jadi Perhatian Bersama

"Mungkin kalian penasaran mengapa komunitas Katolik hadir di sini menyambut kalian di masjid indah ini. Ini sebenarnya untuk menunjukkan bahwa kami berasal dari komunitas keagamaan yang berbeda yang hidup harmonis," ungkap Uskup Suharyo.

Usai sambutan dari kedua pemuka agama, delegasi Y20 menyaksikan persembahan Tari Nirmala, Tari Pelangi Nusantara, dan Tari Saman.

Pada kesempatan tersebut, delegasi Y20 juga sempat berkeliling Masjid Istiqlal dan salah satunya ke Kelompok Bermain Istiqlal. Setelah selesai mengelilingi Masjid Istiqlal, para delegasi Y20 mengenjungi Gereja Katedral.

Baca juga : Komisi IX DPR Pastikan Tak Pernah Terima Keluhan Air Galon Guna Ulang Berbahaya

Melalui kunjungan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral dapat menunjukkan adanya keberagaman budaya serta agama yang ada di Indonesia dan perlu untuk toleransi antara umat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.