Dark/Light Mode

Kimia Farma dan Dompet Dhuafa Luncurkan Program Bidan Inspiratif Untuk Negeri 2022

Minggu, 24 Juli 2022 09:51 WIB
Foto: Dok. Kima Farma
Foto: Dok. Kima Farma

 Sebelumnya 
Rahmad Riyadi selaku Ketua Dewan Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Bidan Inspiratif Untuk Negeri merupakan bentuk kolaborasi antara Dompet Dhuafa dengan Kimia Farma dengan menggabungkan program Bidan Untuk Negeri inisiasi Dompet Dhuafa dengan Bidan Inspiratif inisiasi Kimia Farma.

“Kedua program tersebut memiliki fokus yang sama terhadap upaya penurunan angka stunting di Indonesia.” ujarnya.

Tak hanya berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, Kimia Farma juga berkolaborasi dengan instansi lain dalam Program Bidan Inspirasi Untuk Negeri 2022, diantaranya adalah Kementerian Kesehatan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan FIADIFA.

Baca juga : Bidan Inspiratif Untuk Negeri, Program Cegah Stunting

“Salah satu kolaborator dalam program Bidan Inspiratif Untuk Negeri 2022 adalah FIADIFA yang merupakan Forum Istri Anggota Holding Farmasi yang bergerak di bidang sosial," ujar Dharma Syahputra.

Sementara itu, Bidan Beriana selaku Bidan Inspiratif 2021 menyampaikan salah satu motivasinya untuk mengikuti Program Bidan Inspiratif 2021 yaitu tingkat Kekurangan Energi Kronis (KEK) masih tinggi di wilayah Tangerang.

"Hal ini mempengaruhi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) pada bayi yang salah satu dampaknya adalah stunting.” ujar Beriana.

Baca juga : Gandeng Kimia Farma Dan Dompet Dhuafa, BKKBN Cegah Stunting Lewat Pendampingan Keluarga

Menurutnya banyak tantangan yang saya hadapi saat mengerjakan Program Bidan Untuk Negeri 2021 di wilayah kerja saya di Desa Letokonda, Sumba Barat Daya. Kondisinya sangat memprihatinkan, masih banyak masyarakat yang kekurangan air bersih, dan tidak menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat).

"Dengan adanya program Bidan Untuk Negeri 2021 masyarakat di Desa Letokonda lebih sadar dengan PHBS” ujar Bidan Citra selaku bidan dalam Program Bidan Untuk Negeri 2021.

Adapun program BIUN akan digelar di 13 provinsi se-Indonesia merupakan wilayah kerja Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa yang dipilih berdasarkan rekomendasi Dinas Kesehatan, B KKBN, IBI dan stakeholder setempat.

Baca juga : Danone Menangkan 6 Penghargaan di Indonesia PR of The Year 2022

"Semoga program Bidan Inspiratif Untuk Negeri tidak hanya dilakukan pada saat ini saja namun dapat terus dilakukan secara berkelanjutan, untuk mendukung Pemerintah dalam pengentasan stunting dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.” ujar Dharma Syahputra. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.