Dark/Light Mode

KEK Baru Terus Dibuka, Elemen Buruh Apresiasi Kerja Airlangga Hartarto

Rabu, 27 Juli 2022 17:13 WIB
Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elemen buruh mengapresiasi langkah pemerintah yang terus membuka Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru di sejumlah tempat.

Terakhir, Ketua Dewan Nasional KEK Airlangga Hartarto mengumumkan pembentukan KEK Sanur di Bali untuk bidang Kesehatan.

Usulan pembangunan KEK Sanur telah mendapat persetujuan dari Dewan Nasional KEK yang diketuai Menko Airlangga pada Sidang Dewan Nasional KEK, Jumat (22/7).

Baca juga : Aktivis Buruh Nilai Kinerja Airlangga Hartarto Dirasakan Masyarakat

Sebelumnya beberapa KEK sudah terbentuk yakni KEK Mandalika, KEK Batang, KEK Lido, KEK Kendal dan KEK Set Mangkay.

Wakil Ketua Umum KSPSI Arnod Sihite menyatakan, hal itu memperlihatkan kerja pemerintah untuk memastikan ekonomi terus bertumbuh.

"Bagi elemen buruh, tentu pantas diapresiasi, karena adanya KEK-KEK ini sudah pasti menyerap lapangan kerja baru. Pada Ketua Dewan Nasional KEK Pak Airlangga Hartarto tentu ini adalah capaian yang positif yang pantas diapresiasi juga,” ungkap Arnod kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (27/7).

Baca juga : PKS Mesti Waspadai Partai Tetangganya

Dikatakannya, pembentukan KEK di Indonesia tentu sudah melewati berbagai studi lapangan. Dengan begitu dampak ekonomi yang bisa dihasilkan dari KEK-KEK yang dibentuk ini sudah bisa dipastikan.

KEK yang dibentuk selama ini menjadi sumber peningkatan PAD dan devisa, serta menyerap tenaga kerja. Contohnya, KEK Galang Batang dan Kendal yang menjadi KEK Industri tentu memacu PAD setempat, devisa dan tenaga kerja. Kemudian, KEK lain seperti Mandalika untuk sektor pariwisata.

"Juga Sanur, Bali, untuk sektor kesehatan dan pariwisata, sehingga warga kita tidak perlu jauh-jauh berobat ke luar negeri, atau Lido untuk sektor hunian dan pariwisata, akan menggerakan ekonomi kita ke depan,” ucap Ketua umum Serikat Pekerja Percetakan Penerbitan dan Media Informasi Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PPMI KSPSI) itu. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.