Dewan Pers

Dark/Light Mode

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Kamis, 30 Juni 2022 07:25 WIB
Penyuntikan vaksin PMK pada hewan ternak/Ist
Penyuntikan vaksin PMK pada hewan ternak/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor mengapresiasi pemberian vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kepada Provinsi Kalsel. Dia memastikan, vaksin PMK ini akan mendukung prioritas Kalsel untuk menanggulangi dan melakukan pencegahan PMK.

Hal ini disampaikan Paman Birin-sapaan Sahbirin Noor, pada sambutan Apel Siaga Penanganan PMK di Provinsi Kalsel yang diselenggarakan di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Senin (27/6).

Berita Terkait : Survei Litbang Sin Po: Gerindra Paling Berpeluang Dorong Capres Dari Kader Internal

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK ke Provinsi Kalimantan Selatan," ucap Sahbirin.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Kalsel telah menerima bantuan vaksin PMK sebanyak 4.200 dosis dari Ditjen PKH Kementan.

Berita Terkait : Komisi VI DPR Apresiasi Kinerja Perkebunan Nusantara

Dari alokasi tersebut telah divaksinkan ke ternak sebanyak 3.164 ekor (75,3 persen) sampai dengan tanggal 26 Juni 2022. Ternak yang ada di BPTU HPT Pelaihari telah dilakukan vaksinasi semuanya, terdiri dari ternak sapi 133 ekor dan Kambing 1.265 ekor (total 1.398 ekor).

"Target vaksinasi sebanyak 4.200 dosis dan diharapkan selesai 29 Juni 2022," tutur Paman Birin.

Berita Terkait : Di Jateng, Pasti Menang Di DKI, Persaingan Keras

Sementara, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel Suparmi juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan), yang telah bergerak cepat, dari menyiapkan logistik dan mendistribusikan vaksin, serta obat-obatan untuk pengendalian wabah PMK.

"Vaksin yang sudah kami terima dari Kementan langsung kami bagikan ke seluruh kabupaten/kota di Kalsel. Kami berharap PMK ini segera dapat diatasi bersama," pungkasnya.■