Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jangkau Warga, BINDA Kaltara Gandeng Ketua RT Tarakan Gelar Vaksinasi Massal Dan Door To Door

Jumat, 29 Juli 2022 23:37 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Intelijen Negara (BIN) punya cara tersendiri dalam upaya percepatan vaksinasi di wilayah Kalimantan Utara, khususnya Kota Tarakan. Salah satunya dengan menggandeng para ketua Rukun Tetangga (RT) di wilayah Kelurahan Karang Anyar, Jumat (29/7).

BIN Daerah Kalimantan Utara membuka gerai vaksinasi di rumah Ketua RT 28 di Jalan Flamboyan, Gang Bhakti, Kelurahan Karang Anyar, Tarakan Barat dalam pelaksanaan vaksinasi terpusat dan door to door.

Cara ini dinilai ampuh dalam menjangkau masyarakat yang kesulitan mendapatkan vaksinasi Covid-19. Selain di lokasi tersebut, BINDA Kaltara juga melakukan vaksinasi door to door di wilayah Gunung Lingkas dan Sebengkok di hari yang sama.

Baca juga : Teman Sandiaga Uno Gelar Lomba Basket Dan Futsal Di Bekasi

"Melalui layanan vaksinasi terpusat dan door to door yang bekerja sama dengan sejumlah Ketua RT ini diharapkan mempercepat pembentukan herd immunity masyarakat Kota Tarakan," kata Kabinda Kaltara Marsma TNI Aminul Hakim di Tarakan, Jumat (29/7).

Marsma Aminul Hakim pun menyebut bahwa BIN terus meningkatkan animo masyarakat Tarakan untuk melengkapi vaksin Covid-19 hingga dosis ketiga.

Apalagi, pemerintah sudah menerapkan persyaratan vaksinasi booster sebagai syarat mobilitas masyarakat ke area publik. Namun demikian, kata Aminul, aturan wajib booster itu dikecualikan bagi anak berusia di bawah 18 tahun dan mereka yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi karena alasan kondisi kesehatan khusus.

Baca juga : Dinkes DKI Gelar Vaksinasi Booster Di JIS

Sebagai informasi, vaksin booster memberikan imunitas atau kekebalan tubuh agar masyarakat yang divaksin itu mempunyai imunitas yang tinggi agar gejala Covid-19 tidak terlalu berat.

Pada kesempatan yang sama, pihaknya meminta masing-masing kepala daerah untuk melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan adat.

Kemudian tim penggerak pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK), organisasi masyarakat, organisasi profesi, dan media untuk membantu melaksanakan sosialisasi secara masif dan intensif terhadap program percepatan vaksinasi booster di wilayah Kaltara.

Baca juga : Dinkes DKI Gelar Vaksinasi Booster di JIS

"Mari kita gencarkan pelaksanaan vaksinasi booster secara terpusat di tempat-tempat umum antara lain kantor, pabrik, tempat ibadah, pasar, dan terminal. Harapannya, percepatan vaksinasi yang dilakukan Binda Kaltara dan Dinkes Kota Tarakan dapat mengantisipasi mencegah penyebaran virus Covid-19 di Kaltara," kata Marsma TNI Aminul Hakim.

Selain itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang selama ini belum bisa atau berhalangan untuk vaksin agar dapat mendatangi gerai vaksin massal yang dilaksanakan BINDA Kaltara di sejumlah titik Kota Tarakan.

"Jika percepatan vaksinasi terus masif dilakukan maka pandemi Covid-19 dapat segera bertransisi menuju endemi, sebab pemenuhan dosis lanjutan itu guna mencegah masyarakat dari penularan Covid-19. Dengan begitu, perekonomian dan sektor pariwisata di Tarakan, khususnya Kaltara dapat kembali normal," bebernya
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.