Dark/Light Mode

Jadi Buronan KPK Dan Kejagung

Si Apeng Jangan Seperti Eddy Tansil

Selasa, 2 Agustus 2022 06:40 WIB
Surya Darmadi alias Apeng. (Foto: Istimewa).
Surya Darmadi alias Apeng. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Melihat ini, Anggota Komisi III DPR Santoso mendorong Jaksa Agung berkoordinasi dengan Kejaksaan Singapura. Apalagi Indonesia sudah resmi menandatangani perjanjian ekstradisi dengan Singapura pada 25 Januari 2022.

Politisi Partai Demokrat itu menjelaskan, perjanjian ekstradisi memungkinkan tersangka yang melarikan diri ke Singapura dapat dipulangkan dan diadili di Indonesia. "Jika Singapura mbalelo dan tidak komitmen dengan perjanjian ekstradisi yang baru ditandatangani beberapa bulan yang lalu, maka kita harus bertindak lebih keras," sarannya.

Baca juga : Sore Ini, Macan Kemayoran Siap Pesta Kemenangan Perdana

Selain memburu orangnya, Santoso meminta Jaksa Agung melakukan penyitaan aset Apeng secara maksimal. Semua harta pribadi dan aset perusahaan yang Apeng harus ditelusuri dengan teliti. "Kita tidak boleh permisif dengan korupsi, apalagi yang jumlahnya jumbo seperti ini," tegasnya.

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyarankan Kejaksaan Agung segera membawa kasus ini ke pengadilan, sekalipun tanpa kehadiran Apeng. Supaya perburuannya maksimal.

Baca juga : Kejagung Siap Gelar Sidang In Absentia...

"Kejagung pengalaman melakukan sidang pengadilan in absentia (tanpa kehadiran tersangka). Seperti kasus Century, Kejagung bisa melakukan itu," ucap Boyamin, kemarin.

Untuk pemulangan Apeng, Boyamin menilai, harus dilakukan dengan proses politik tingkat tinggi. Presiden Jokowi harus turun gunung. Pakai cara yang pernah dilakukan Indonesia saat memulangkan Samadikun Hartono, terpidana kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.