Dark/Light Mode

Lanny Jaya (Papua) Krisis Pangan

Warga Mati Kelaparan Bukan Kabar Bohong

Kamis, 4 Agustus 2022 06:50 WIB
Warga Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, Papua mengalami kelaparan akibat tanaman pangan di kebun mereka rusak. (Foto: DOKUMENTASI BPBD LANNY JAYA).
Warga Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, Papua mengalami kelaparan akibat tanaman pangan di kebun mereka rusak. (Foto: DOKUMENTASI BPBD LANNY JAYA).

 Sebelumnya 
Bantuan yang diberikan berupa makanan siap saji 1000 paket, makanan anak 500 paket, sembako 500 paket, beras 2.800 kg, selimut 1000 lembar, pakaian anak 500 potong, pakaian wanita dewasa 250 potong dan pakaian pria dewasa 250 potong.

Pengangkutan pertama diterbangkan Jumat, (29/7) dari Jayapura dengan 1 pesawat sewa dan dari Timika dengan 2 pesawat sewa. Pengangkutan kedua, Sabtu (30/7) dari Jayapura menggunakan 1 pesawat sewa, dan dari Timika dengan 5 pesawat sewa.

Baca juga : Lestari: Hadapi Krisis Pangan Dan Energi, Genjot Produktivitas Nasional

Semua bantuan tersebut transit di Mapolres Lanny Jaya pada 30 Juli 2022 agar tetap dipastikan keamanannya. Namun, bantuan tidak dapat didistribusikan segera karena beberapa kendala, seperti longsor dan jalanan berlumpur.

Bantuan baru dilaksanakan Senin (1/8), dengan pengawalan Polres Lanny Jaya. Bantuan dibawa menggunakan 3 truk milik Kemensos dan 1 truk milik Pemda menuju lokasi pertemuan (terminal) yang telah ditentukan.

Baca juga : Ribuan Suara Warga Desa Garut Menggaungkan Ganjar Presiden 2024

Dari titik terminal, bantuan hanya bisa didistribusi dengan berjalan kaki. Tim dari Kemensos akhirnya berkoordinasi dengan tokoh kultural dan agama, Pendeta Lipius Biniluk untuk meminta bantuan pendistribusian.

Hingga saat ini, Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) dan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Nin Alam (PSKBSNA) masih berada di lokasi untuk memastikan bantuan diterima dengan baik.

Baca juga : Aktivis Minta Orang Papua Jangan Lagi Jadi Buruh Kasar

Kelaparan ini juga menjadi sorotan Ketua DPR Puan Maharani. Dia meminta pemerintah menggalakkan mitigasi bencana akibat perubahan iklim, termasuk yang berdampak pada persoalan pangan. Pasalnya, kelaparan akibat kekeringan di Lanny Jaya sudah berulang. Hal ini tidak akan terjadi jika Pemerintah memitigasi dengan baik. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.