Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

ASEAN Para Games 2022

Erick: Alhamdulillah, RI Dapat Medali Paling Banyak, Ini Bukti Fisik Bukan Batasan Untuk Berjuang

Sabtu, 6 Agustus 2022 22:26 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri penutupan ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8). (Foto: Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri penutupan ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir bersyukur dengan pencapaian Indonesia di ASEAN Para Games 2022, sebagai peraih medali terbanyak.

Para atlet difabel berhasil mempersembahkan 425 medali dengan rincian 175 emas, 144 perak, 106 perunggu dalam event internasional tersebut.

Sehingga, Indonesia menjadi juara umum di antara negara-negara ASEAN. Disusul Thailand dengan 318 medali, dan Vietnam 182 medali.

Prestasi ini juga mempertahankan dominasi RI, setelah kontingen Merah Putih menjadi juara umum di Malaysia pada 2017.

"Alhamdulillah, sejalan dengan harapan kita semua, Indonesia berhasil mendapat medali paling banyak. Ini tentu tak lepas dari perjuangan dan kegigihan teman-teman para atlet, yang membuktikan kepada kita semua, bahwa fisik bukan batasan untuk berjuang,” tutur Erick dalam keterangannya, Sabtu (6/8).

Baca juga : Alhamdulillah, Atlet Balap Sepeda Sumbang Emas Lagi

Erick Thohir juga menyampaikan apresiasinya, atas kerja keras para atlet dan seluruh kontingen, yang turut berpartisipasi dalam mengharumkan nama Indonesia.

"Terima kasih untuk para atlet, yang sudah berjuang mengerahkan seluruh kemampuan teebaiknya. Sehingga  kita bisa keluar sebagai yang terbaik. Ini tentu hasil dari persiapan yang dilakukan dengan baik, berkat dukungan berbagai pihak," lanjutnya.

Prestasi itu lahir dari semangat juang para atlet, yang bertanding di ajang ASEAN Para Games 2022 sejak 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 di 4 kota berbeda di Jawa Tengah: Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Semarang.

Kegigihan mereka dalam mengibarkan bendera merah putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya dalam setiap pertandingan, membuahkan hasil yang sangat memuaskan dengan menjadikan Indonesia sebagai juara umum dalam event internasional tersebut.

Apresiasi Untuk Kota Solo

Baca juga : Sumbang Perak, Ini Pesan Pelatih Untuk Tim Beregu Putri Indonesia

Erick yang pernah menjadi Ketua Pelaksana Asian Games 2018, juga memberikan apresiasinya kepada Kota Solo, yang telah sukses menyelenggarakan event tersebut.

"Terima kasih untuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, seluruh stakeholder, dan tentu saja masyarakat Solo yang memberikan dukungan, atas suksesnya kegiatan ASEAN Para Games 2022 ini," papar mantan Presiden Inter Milan itu.

Erick merasa bangga, BUMN menjadi bagian dari kesuksesan ASEAN Para Games 2022.

Untuk diketahui, Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah ASEAN Para Games, di kala beberapa negara lain tidak menyanggupi. Ini merupakan komitmen besar bagi Indonesia.

Kota Solo maupun seluruh komponen bangsa yang mendukungnya, termasuk BUMN, berjuang menjaga kepercayaan internasional kepada Indonesia.

Baca juga : Saifullah Yusuf, Sekjen PBNU: Depan Beda, Belakang Sama, Ini Makin Mantap

“Kita bangga, karena BUMN menjadi bagian dari kesuksesan ASEAN Para Games 2022. Ini semua demi kesetaraan dan memberi kesempatan bagi atlet-atlet disabilitas terbaik ASEAN, untuk berkompetisi menuju Paralimpiade Paris 2024 mendatang,” tandas Erick.

Gelaran ASEAN Para Games 2022 telah ditutup pada Sabtu (6/8) oleh Presiden Jokowi, didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.