Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

ILUNI UI : Universitas Harus Perkuat Sisi Kualitas Untuk Pemeringkatan Global

Sabtu, 6 Agustus 2022 21:20 WIB
Foto: Dok. ILUNI UI
Foto: Dok. ILUNI UI

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Andre Rahadian mendorong agar universitas di Indonesia harus memperkuat sisi kualitas dalam pemeringkatan global, bukan hanya dari segi kuantitas.

Menurut Andre, universitas bukan hanya tentang link and match dunia kerja tapi juga tempat menghasilkan para pemikir dan periset handal.

Baca juga : Komoditas Hortikultura Kualitas Ekspor Meriahkan Booth ADM G20

“Kami mendorong agar universitas-universitas di Indonesia, khususnya UI untuk memperhatikan juga segi kualitas yang dianggap penting dalam pemeringkatan seperti misalnya rasio dosen mahasiswa, sitasi karya ilmiah, dan persepsi dunia kerja,” ungkap Andre, Sabtu (6/8).

Andre menyampaikan sambutannya pada acara Lembaga Forum Diskusi Salemba (FDS) ILUNI UI dengan tema “Universitas Indonesia sebagai Penggerak Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia di Kawasan ASEAN”, bertempat di Aula SIL SKSG Gedung IASTH lantai 5 Kampus UI Salemba, Sabtu (6/8).

Baca juga : Jelang Pilpres, Kosgoro Perkuat Koodinasi Untuk Menangkan Golkar

Narasumber yang hadir dalam acara tersebut adalah Dr. Lukman, S.T., M.Hum.Direktur Kelembagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, F. Astha Ekadiyanto, Direktur Center for Independent Learning (CIL) Universitas Indonesia, Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom., Guru Besar Universitas Indonesia dan Dr. Muhammad Rahmat Yananda (Ketua ILUNI UI).

Salah satu isu dan permasalahan yang hendak dikaji adalah tentang pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia di kancah global.

Baca juga : LSI Denny JA: Netizen Pegang Peranan Kunci Untuk Pemenangan Di Pilpres 2024

Pada kesempatan tersebut, Andre menyoroti ketertinggalan yang saat ini masih dihadapi oleh perguruan tinggi di dalam negeri jika dibandingkan perguruan tinggi negara-negara tetangga di ASEAN.

Data CWUR 2023-2022 menempatkan UI sebagai peringkat 1 nasional dan peringkat 1553 dunia. Sementara, beberapa perguruan tinggi di ASEAN seperti Putra University di Malaysia, Chulalongkorn University di Thailand, dan Asian Institute Management di Filipina berada di atas peringkat global perguruan tinggi Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.