Dark/Light Mode

Diungkap Tito

Pemekaran Di Papua Lebih Banyak Enaknya

Sabtu, 13 Agustus 2022 07:55 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat memberikan pengarahan acara Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Merauke, Papua, Jumat (12/8/2022). (Foto: Istimewa)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat memberikan pengarahan acara Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Merauke, Papua, Jumat (12/8/2022). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Pak Jokowi sangat memahami Papua. Beliau melihat betul kalau mau mempercepat, nggak ada jalan lain harus dimekarkan, memotong birokrasi,” beber eks Kapolri ini.

Selain itu, pemekaran wilayah sudah terbukti membuat daerah semakin mandiri dan maju. Hal ini sejalan dengan tujuan pemekaran daerah, yaitu untuk kesejahteraan.

Tito menyebut, rata-rata pemekaran wilayah membuat pembangunan di daerah melompat.

Baca juga : 16 DPAC Demokrat Gugat AHY Di Pengadilan Negeri Bandung, Ini Alasannya

Salah satu contohnya, di Provinsi Sumatera Bagian Selatan. Sejumlah daerah di kawasan itu, di antaranya Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung, dimekarkan menjadi provinsi tersendiri.

Hasilnya, provinsi-provinsi tersebut kini justru mengalami kemajuan pesat. Bahkan, capaiannya melebihi provinsi induknya semula, yakni Sumatera Selatan.

Hal yang sama juga terjadi pada pemekaran di Sulawesi. Kawasan itu, dulunya terbagi menjadi dua provinsi, yakni Provinsi Sulawesi Utara-Tengah dan Provinsi Sulawesi Selatan-Tenggara.

Baca juga : Siswi Berhak Pilih Seragam Sekolah

Begitu dimekarkan, wilayah itu mengalami peningkatan pesat. Para investor juga datang di wilayah tersebut, dan memacu geliat perekonomian menjadi optimal.

Meski demikian, diingatkan Tito, upaya ini perlu didukung penuh seluruh masyarakat. Utamanya masyarakat di daerah pemekaran.

Karena itu, Tito mengajak masyarakat dan berbagai tokoh di Papua mendukung pemekaran, sehingga dapat memacu kesejahteraan masyarakat

Baca juga : Dishub DKI Angkut Motor Yang Parkir Sembarangan Di Dukuh Atas

“Mohon dukungan kepada semua pihak untuk realisasi pemekaran, dan yang akan dilakukan ke depan dalam rangka pemekaran ini,” pintanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.