Dark/Light Mode

Covid-19 Lebih Bahaya Dari Cacar Monyet Lho

Sabtu, 13 Agustus 2022 07:40 WIB
Pakar kesehatan masyarakat Pandu Riono. (Foto: Istimewa)
Pakar kesehatan masyarakat Pandu Riono. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Epidemiolog Universitas Indonesia ini kemudian membandingkan cacar monyet yang penularannya tidak mudah.

Cacar monyet, hanya bisa menular jika berinteraksi langsung dan kontak erat yang bergejala. “Bukan pernapasan atau melalui udara seperti Covid,” sambungnya.

Baca juga : Jovan, Bocah 9 Tahun Dari Kalbar, Akhirnya Ketemu Jokowi

Tapi Pandu menilai, wajar jika banyak masyarakat takut terhadap cacar monyet lantaran ketidaktahuan. Ditambah, banyaknya kabar bohong alias hoax yang merajalela, terutama di media sosial. Ketakutan lainnya muncul, karena gejala cacar monyet terlihat jelas di bagian tubuh.

“Virus ini menular kalau sudah muncul gejala seperti itu. Ada bentuk lesi di kulit, ruam dan benjolan yang banyak dan berair. Jadi, sebetulnya hanya kecemasan psikologi saja,” ungkap Pandu.

Baca juga : 6 Tips Memilih Nama Domain Indonesia Untuk Blog

Sementara, Kemenkes menyatakan, sampai detik ini Indonesia masih bersih dari cacar monyet. Seorang lansia di Cilegon yang jadi suspek, sudah dipastikan negatif dari virus tersebut.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengungkapkan, suspek ke-19 yang merupakan warga asal Kota Cilegon, Banten, berusia 60 tahun itu, tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Baca juga : Penambahan Kasus Covid-19 Terbanyak Di Jakarta

“Sudah dilakukan pemeriksaan dari laboratorium untuk suspek cacar monyet di Cilegon. Hasilnya negatif,” ungkap Maxi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.