Dark/Light Mode

Peduli Lingkungan, PT PAL Sinergi Bareng Masyarakat Bersih-bersih Sungai Rawa Kasat

Rabu, 17 Agustus 2022 20:59 WIB
PT PAL bersama masyarakat bahu membahu membersihan sampah plastik di sungai Rawa Kasat, Papua. (IST)
PT PAL bersama masyarakat bahu membahu membersihan sampah plastik di sungai Rawa Kasat, Papua. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka mendukung pelestarian lingkungan, PT Papua Agro Lestari (PT PAL) menggandeng masyarakat untuk bekerja bakti membersihkan sungai Rawa Kasat dari sampah. Lokasi sungai tersebut berada di Kampung Guiss, Merauke, Papua.

Aksi pembersihan sungai ini didasari oleh kesadaran bahwa sungai merupakan suatu bagian yang tak terpisahkan bagi kehidupan masyarakat Kampung Guiss. Kegiatan warga memang berpusat di sungai Rawa Kasat, karena mayoritas warga berprofesi sebagai nelayan.

Karenanya penting sekali untuk menjaga kebersihan sungai untuk dapat terus memberikan manfaat kehidupan yang berkelanjutan.

Baca juga : Sahabat Ganjar Ingatkan Masyarakat Pilih Pemimpin Yang Tepat

Lelah dan peluh sama sekali tak mengganggu karyawan PT Papua Agro Lestari dan masyarakat yang bekerja bakti dalam rangka kegiatan pelestarian lingkungan itu.

Dengan diselingi canda dan tawa, mereka saling bahu-membahu mengumpulkan serta membersihkan sampah di yang ada pinggiran sungai. Hasilnya, banyak sampah terutama plastik terangkut.

Bantaran sungai yang terletak di perbatasan negeri itu pun kini nampak lebih bersih dan teratur. Kegiatan yang berlangsung di Kampung Guiss-Rawa Kasat, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke Provinsi Papua ini digelar pada akhir bulan Juli lalu.

Baca juga : Gandeng Adaro, Menteri Siti Bangun Pusat Persemaian Di Kalsel

Selain sebagai salah satu upaya perusahaan untuk melestarikan alam, kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya selalu menjaga kebersihan sungai sebagai ekosistem alam yang berfungsi untuk menopang kehidupan mereka dan makhluk hidup lainnya.

Sungai Rawa Kasat merupakan sumber air utama kami juga sebagai tempat kami mencari ikan sebagai nelayan, sehingga kami berterima kasih kepada pihak perusahaan yang telah mengadakan kegiatan pelestarian dan pembersihan sungai seperti ini, kami berharap kegiatan seperti ini akan terus berlanjut”, tutur Louis Payes Maikuin selaku anggota marga Maikuin.

Selain itu, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap pelestarian dan pengembangan lingkungan masyarakat pedalaman Papua, dalam bentuk sosialisasi dan edukasi melalui Program Corporate Social Contribution (CSC).

Baca juga : Presiden Minta Jajaran Pastikan Masyarakat Paham Soal RKUHP

PT. Papua Agro Lestari merupakan anak perusahaan dari Tunas Sawa Erma (TSE) Group yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.