Dark/Light Mode

Hima Persis Gelar Aksi Nasional, Hadirkan Kontribusi Untuk Atasi Krisis

Jumat, 19 Agustus 2022 13:17 WIB
Aksi Nasional Hima Persis (Foto: Dok. Hima Persis)
Aksi Nasional Hima Persis (Foto: Dok. Hima Persis)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PP Hima Persis) berencana menggelar Aksi Nasional pada Agustus ini untuk menyuarakan "Merdeka dari Krisis Ekonomi dan Pangan". Hal ini untuk membuka wacana masyarakat Indonesia dalam momentum kemerdekaan ini bahwa seluruh elemen masyarakat perlu berkolaborasi dalam membangun ekonomi dan pangan Indonesia lebih berkembang untuk kebermanfaatan umat dan bangsa.

Aksi Nasional ini di sebarluaskan melalui Konsolidasi Nasional Hima Persis pada Rabu (17/8) yang dilaksanakan melalui zoom meeting dan dihadiri seluruh Pimpinan Wilayah (PW) Hima Persis di seluruh indonesia.

Ketua Pelaksana Aksi Nasional Hima Persis Rizal Faturohman menyuarakan, bahwa pada momentum kemerdekaan ini mahasiswa harus ikut andil memberikan wacana solusi dan aksi nyata bagi negara. "Yaitu dengan turun langsung ke masyarakat mendampingi pelaku ekonomi/UMKM dan para petani untuk memperkuat kekuatan pangan Indonesia," ucapnya.

Baca juga : Bamsoet: Peringatan Hari Konstitusi Momen Terbaik Untuk Refleksi Diri

Hal ini direspons positif oleh seluruh ketua Pimpinan Wilayah Hima Persis. Mereka siap turun aksi di setiap wilayah dan daerah Indonesia.

Hal ini sesuai dengan konsep gerakan Ketua Umum Hima Persis Ilham Nurhidayatullah. Ilham menerangkan, gerakan saat ini perlu mengedepankan kolaborasi dalam pembangunan Indonesia berkelanjutan.

Konsolidasi Nasional ini bertujuan untuk menyamakan wacana bahwa perlunya di seluruh wilayah membangun kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, dalam momentum kemerdekaan ini bersama-sama membangun kolaborasi untuk pembangunan ekonomi dan pangan Indonesia.

Baca juga : Lestari: Perlu Kolaborasi Hadapi Tantangan Krisis Global

Rizal Faturohman menegaskan, ada tiga yang akan dicapai pada Aksi Nasional. Pertama, aksi ekonomi, yakni membantu pendampingan pelaku ekonomi/UMKM agar mampu bersaing dan berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman. Kedua, aksi pangan, yakni membantu para pelaku pangan, salah satunya petani, untuk mampu mengembangkan sektor pangan berkelanjutan lebih baik dan bermanfaat.

"Ketiga, aksi energi, yakni untuk penanggulangan lingkungan lebih ramah, pusat energi yang kaya dan melimpah di Indonesia dapat dimaksimal bagi masyarakat dan negara," ucapnya.

Rizal melanjutkan, pada momentum kemerdekaan ini, Hima Persis juga menggelar aksi menulis yang dikemas dengan kompetisi essay Hima Persis. Hal ini bertujuan agar terbangun wacana baru dan solusi yang berbasis ilmiah dalam menjawab permasalahan yang dihadapi negara hari ini. "Serta memberikan hadiah terbaik pada momentum kemerdekaan ini untuk Indonesia yakni berupa karya buku untuk Indonesia," ucapnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.