Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet: Peringatan Hari Konstitusi Momen Terbaik Untuk Refleksi Diri

Jumat, 19 Agustus 2022 10:59 WIB
Dari kiri: Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wapres KH Ma`ruf Amin, dan Ketua DPR Puan Maharani, dalam konferensi pers Peringatan Hari Konstitusi, di Senayan, Kamis (18/8). (Foto: Dok. MPR)
Dari kiri: Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wapres KH Ma`ruf Amin, dan Ketua DPR Puan Maharani, dalam konferensi pers Peringatan Hari Konstitusi, di Senayan, Kamis (18/8). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Konstitusi bertema ‘Konstitusi sebagai Landasan bagi Kebangkitan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi’ sekaligus HUT ke-77 MPR, digelar MPR secara luring dan daring, Kamis (18/8), di Ruang Pustakaloka, Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Peringatan dua agenda besar bangsa yang dihadiri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin tersebut, diselenggarakan di tengah kondisi yang sangat diharapkan seluruh rakyat Indonesia, yakni melandainya pandemi Covid-19.

Acara dimulai pukul 10.00 WIB. Usai menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ketua MPR Bambang Soesatyo menaiki podium untuk menyampaikan kata sambutan.  Bamsoet, sapaan akrab Bambang, mengajak seluruh tamu undangan untuk senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. 

Baca juga : Basarah: Hari Konstitusi Melengkapi Proklamasi Dan Kelahiran Pancasila

“Peringatan Hari Konstitusi dan Hari Ulang Tahun ke-77 MPR kali ini terasa sangat istimewa, karena dihadiri langsung oleh Wakil Presiden, Bapak Prof DR. KH Ma’ruf Amin, serta para pimpinan lembaga negara lainnya. Untuk itu, atas nama Pimpinan dan Anggota MPR, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Presiden, dan para pimpinan lembaga negara, atas perkenanannya hadir memenuhi undangan kami, di tengah kesibukan Bapak/Ibu menjalankan tugas-tugas kenegaraan,” ujarnya.

Bamsoet mengingatkan, pada Agustus terdapat tiga peristiwa bersejarah penting yang bangsa ini peringati. Pertama, setelah dicengkram penjajahan selama berabad-abad, 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan. Kedua, sehari setelah Proklamasi, pada 18 Agustus 1945, UUD 1945 disahkan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Ketiga, untuk melaksanakan amanat Pasal IV Aturan Peralihan UUD 1945, pada 29 Agustus 1945 dibentuk Komite Nasional Indonesia Pusat sebagai sebuah badan perwakilan, yang menjadi cikal bakal dibentuknya MPR.

Baca juga : Bamsoet Ajak Elemen Bangsa Implementasikan Pancasila Di Semua Lini Kehidupan

“Untuk itu, izinkan kami atas nama Pimpinan dan Anggota MPR menyerukan kepada kita semua, kepada seluruh rakyat Indonesia, Merdeka!!! Dirgahayu Republik Indonesia, Dirgahayu Konstitusi Indonesia, Dirgahayu Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia,” serunya, seraya mengepalkan tangan.

Bamsoet berharap, peringatan hari-hari besar kenegaraan tersebut, tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan seremonial semata. Melainkan menjadi tanggung jawab sejarah bagi semua anak bangsa untuk meneguhkan arah cita-cita Indonesia merdeka. “Jadikan momen peringatan ini menjadi momen terbaik untuk melakukan refleksi diri, sekaligus proyeksi ke depan,” ucapnya.

Baca juga : Peringati HUT Ke-77 RI, Gus Halim Minta Kemendes Genjot Reformasi Birokrasi

Melalui proses refleksi dan proyeksi ini diharapkan ada dua ha. “Pertama, kita dapat mengenali apa kelebihan dan kekurangan kita sebagai bangsa. Pelajaran baik masa lalu yang harus kita pertahankan, dan pengalaman buruk yang harus kita tinggalkan. Kedua, kita dapat mengetahui ke mana kita akan menuju. Kita harus senantiasa terbuka atas perkembangan terbaik kehidupan umat manusia, guna memperkaya mutu kemanusiaan, dan mutu peradaban kita,” pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.