Dark/Light Mode

40 Napiter Ikrar Setia NKRI, Milenial Apresiasi BNPT

Jumat, 19 Agustus 2022 19:43 WIB
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar. (Foto: Istimewa)
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut HUT RI ke-77, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) menyelenggarakan Ikrar Setia NKRI terhadap 40 orang narapidana terorisme (Napiter) di Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor (15/8).

Ikrar ini merupakan tekad dan pembuktian napiter untuk meninggalkan segala bentuk aktivitas terorisme.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, ikrar setia 40 napiter ini menjadi hadiah bagi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 tahun.

Baca juga : HUT RI Ke-77, 19 Eks Napiter Di Sulteng Ikrar Setia NKRI

"Bertepatan dengan hari kemerdekaan 77 tahun Indonesia, ini menjadi hadiah yang luar biasa untuk masyarakat, bangsa dan negara, jangan ragu-ragu menjalankan dan mengamalkan itu," kata Boy Rafli dalam keterangannya, Jumat (19/8).

Ketua Milenial Muslim Bersatu (MMB) Khairul Anam memberian apresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas).

"Saya sangat mengapresiasi BNPT dan Ditjen Pas yang telah berhasil melakukan pembinaan tehadap para napiter, sehinga mereka mau kembali ke pangkuan NKRI, ini merupakan suatu langkah luar biasa," ujar Anam dalam keterangannya, Jumat (19/8).

Baca juga : Kepala BNPT: Jadi Hadiah Di Hari Kemerdekaan Indonesia

Kata Anam, ikrar ini bukan saja bentuk BNPT Hadir secara harfiah tapi juga bentuk implementasi tagline BNPT HADIR (Harmoni Aman Damai Indah Rukun).

"Dengan ikrar ini berarti telah siap untuk mencintai NKRI dan bersama-sama menjaga Pancasila dengan menghargai perbedaan yang ada," ungkap Anam.

"Pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara yang dilakukan oleh BNPT tidak mudah membuat seorang napiter untuk kembali mencintai NKRI, tapi BNPT dengan pendekatan pentahelix nya berhasil dan ini menjadi salah satu kado terbaik di hari kemerdekaan Indonesia," tambahnya.

Baca juga : Cetak Laba Terbaik, Menteri Erick Apresiasi BNI

Anam berharap para Napiter ini dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat supaya tidak terpapar paham radikalisme dan terorisme serta mewujudkan Indonesia aman dan damai.

"Mari terus bergandengan tangan cegah bersama agar masyarakat khususnya generasi muda terhindar dari keterlibatan dan kejahatan terorisme," tegas Anam.

Dikatakan, upaya penyebaran informasi terkait ikrar setia NKRI ini harus terus dilakukan terutama di kalangan generasi muda Islam yang rentan terpapar ideologi radikal yang mengarah ke terorisme. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.