Dark/Light Mode

Karakteristik Covid-19 Kian Kompleks

Pertebal Proteksi Dengan Booster

Sabtu, 20 Agustus 2022 07:40 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Covid-19)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Covid-19)

 Sebelumnya 
“Datangi sentra vaksinasi untuk di-booster sesuai jadwal yang telah ditetapkan sejak penyuntikan vaksin terakhir. Karena target kita adalah pemenuhan dosis vaksin terlengkap,” imbaunya.

Kemudian, modalitas kolektif lainnya, dengan memanfaatkan ketersediaan pengobatan dan pelayanan.

Mulai dengan melakukan testing saat merasa bergejala atau kontak erat, serta menjalani perawatan serta pengobatan saat sakit dan pascasembuh untuk mencegah efek samping Covid-19 atau Long Covid-19.

Baca juga : Bayer Bantu Kerek Produksi Pertanian Di Bogor

Modalitas kolektif terakhir, dengan mendukung implemen­tasi kebijakan Covid-19 mulai dari mobilitas, protokol kesehatan maupun vaksinasi.

Sementara, modalitas individu didapat dengan budaya perilaku hidup bersih dan sehat dalam berbagai aktivitas, berolahraga dan tidur yang cukup.

Kemudian, menjaga kondisi kejiwaan yang baik serta menerapkan protokol kesehatan 3M.

Baca juga : Kolaborasi BSI Dan Muhammadiyah, Perkuat Penetrasi Keuangan Syariah

Lalu, proteksi maksimal kepada populasi berisiko atau rentan terinfeksi, seperti orang yang tidak bisa divaksinasi karena alasan kesehatan, penderita komorbid, atau orang yang sudah divaksinasi tetapi belum lengkap.

Hal tersebut termasuk bagi mereka yang belum divaksin dan telah melampaui jadwal penyuntikan dosis lanjutan.

“Perlu adanya proteksi maksimal yang dilakukan saat beraktivitas. Misalnya, menjauhi keramaian maupun penggunaan masker dua lapis,” tandas Wiku. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.