Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ditempel Ketat Pasangan Anies-AHY

Elektabilitas Ganjar-Erick Tertinggi

Sabtu, 20 Agustus 2022 17:14 WIB
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Spekulasi dan skenario pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden tahun 2024 mulai bermunculan dari berbagai lembaga survei.

Dari pasangan Prabowo-Muhaimin Iskandar yang masih pagi sudah deklarasi, pasangan Anies Baswedan-AHY, Puan Maharani-Andika Perkasa, hingga pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

Berbagai nama Capres lainnya juga bermunculan seperti nama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Berita Terkait : Jokowi Anak Emaskan Ganjar, Terbantahkan!

Menurut Ketua Relawan Sahabat Ganjar-Erick (SGE), Andi berdasarkan hasil berbagai lembaga survei ini elektabilitas pasangan Ganjar-Erick di posisi tertinggi bersaing dengan pasangan Anies Baswedan-AHY, Prabowo-Muhaimin dan Puan Maharani-Andika Perkasa.

"Ganjar maupun Erick memiliki kans cukup besar untuk memenangkan pertarungan nanti. Keduanya memiliki basis massa ril di akar rumput," ujar Andi ketua Relawan Sahabat Ganjar- Erick (SGE), Sabtu (20/8).

Dikatakannya, sebagai seorang Gubernur dan Politisi dari PDI Perjuangan, Ganjar memiliki akar rumput yang kuat sedangkan Erick Thohir memiliki kinerja yang bagus sebagai Menteri BUMN.

Berita Terkait : Peneliti IPS: Ini Faktor yang Bikin Elektabilitas Partai Perindo Naik Terus

"Jika keduanya dipadukan ini akan menjadi pasangan Capres Cawapres yang patut diperhitungkan di Pilpres 2024, karena keduanya bisa saling mengisi satu sama lain," tuturnya. 

Ditambahkannya, kedekatan dan kekompakan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir juga tampak terlihat di akun Tiktok @erickthohir, di mana keduanya tampak akrab dengan gestur yang tidak dibuat-buat.

"Ya kalau dilihat di akun Tiktoknya asik kok, akrab nggak dibuat buat kekompakannya," bebernya.

Berita Terkait : Prabowo-Imin Makin Mesra, Elektabilitas Gerindra-PKB Ungguli KIB

Sebelumnya, Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Hotman Siahaan menilai sosok Ganjar dan Erick patut diperhitungkan dalam Pilpres 2024. Sebab, elektabilitas keduanya sangat tinggi di berbagai lembaga survei.

Sedangkan dalam survei yang dilakukan oleh Charta Politika Pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan pasangan capres cawapres lainnya. ■