Dark/Light Mode

Prabowo-Imin Makin Mesra, Elektabilitas Gerindra-PKB Ungguli KIB

Rabu, 10 Agustus 2022 12:11 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu Ketum PKB Muhaimin Iskandar saat akan mendaftar ke KPU, Senin (8/8). (Foto: Istimewa)
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu Ketum PKB Muhaimin Iskandar saat akan mendaftar ke KPU, Senin (8/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan kemesraan Gerindra dan PKB bisa mengancam koalisi yang sudah terbentuk. Gabungan keduanya menghasilkan elektabilitas yang bikin partai politik gemetaran.

"Kebersamaan Gerindra-PKB dalam mendaftar ke KPU, menunjukkan peluang koalisi Gerindra-PKB cukup potensial. Bahkan jika dilihat dari catatan elektabilitas, koalisi ini lebih unggul dari KIB," kata Dedi saat dihubungi, Rabu (10/8).

Menurutnya, kekuatan Gerindra dan PKB tidak terlepas dari sosok Prabowo Subianto. Menteri Pertahanan itu punya karakter pengikat dan daya tarik tersendiri bagi konstituennya.

Baca juga : Diresmikan Jokowi, Terminal Kijing Kerek Daya Saing Produk Unggulan Kalbar

"Aktor Prabowo yang menjadikan koalisi ini kuat dan cukup mengkhawatirkan bagi rival," tambahnya.

Lebih lanjut, diakui Dedi terdapat beberapa keunggulan dari koalisi Gerindra dan PKB. Apalagi jika keduanya berhasil mengawinkan Prabowo dan Muhaimin Iskandar.

"Prabowo masih menguasai ceruk pemilih nasionalis, masyarakat yang masih punya daya juang perubahan seperti tema-tema kampanye Prabowo sejauh ini," ungkap pengamat politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Baca juga : Prabowo Pimpin Langsung Daftarkan Gerindra Ke KPU

"Sementara Muhaimin, ia bisa membawa sentimen pemilih Nahdliyin, dengan porsi pemilih NU yang cukup besar, mudah bagi Muhaimin menggalang kekuatan dan mengimbangi Prabowo yang lebih dulu berada di puncak elektabilitas," ucap dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mendatangi kantor KPU secara bersamaan. Tujuannya untuk mendaftarkan partainya sebagai peserta Pemilu 2024. Keduanya tiba sekitar pukul 15.00 WIB.

Kompak mengenakan seragam safari berwarna putih, lengkap dengan logo partai masing-masing yang terpasang di bagian dada. Keduanya datang membawa 1000-an kader gabungan. Selain dikawal elit partai, terlihat juga beberapa publik figur yang telah resmi menjadi anak buah Prabowo ataupun Imin. Misalnya Ahmad Dhani dan Tomy Kurniawan.

Baca juga : Gerindra Dan PKB Tetap Berkibar

Prabowo dan Imin tampil mesra. Jalan berdampingan. Memimpin di garis terdepan. Sambil senyum-senyum. Diiringi drum band, reog Ponorogo dan barongsai yang telah beraksi sejak di titik pemberangkatan, Masjid Agung Sunda Kelapa.

Belum lagi lantunan hymne partai masing-masing yang terdengar di kantor KPU, sembari menunggu Prabowo dan Imin mendaftarkan partainya. Beres mendaftarkan partainya, Prabowo dan Cak Imin sempat melemparkan salam hormat kepada awak media yang telah menunggu di pintu masuk dan keluar kantor KPU. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.