Dark/Light Mode

Penuhi Standar Era Globalisasi

Sahabat Ganjar Fasilitasi Siswa SMK Se-Sumsel Tingkatkan Skill Teknologi Digital

Sabtu, 20 Agustus 2022 17:26 WIB
Sahabat Ganjar saat menggelar ajang kompetisi siswa SMK Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di Novotel Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (20/8). (Foto: Sahabat Ganjar)
Sahabat Ganjar saat menggelar ajang kompetisi siswa SMK Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di Novotel Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (20/8). (Foto: Sahabat Ganjar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sahabat Ganjar kembali memfasilitasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam meningkatkan skill di bidang teknologi digital lewat pelaksanaan Lomba Kejuruan Siswa (LKS).

Kali ini, para relawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut menggelar ajang kompetisi siswa SMK Teknik Komputer Jaringan (TKJ), di Novotel Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (20/8).

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Sahabat Ganjar Sumatera Selatan Wachid Sugiharto mengatakan, Lomba Kejuruan Siswa (LKS) merupakan ajang kompetisi untuk mengukur kemampuan kompetensi siswa SMK.

Sedangkan Teknik Komputer Jaringan atau TKJ adalah sebuah kejuruan yang mempelajari tentang cara merakit komputer, mengenal dan mempelajari komponen hardware, merakit komputer serta fokus mempelajari jaringan dasar.

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Lomba TKJ Untuk Siswa SMK Se-Jabodetabek Di Jakarta

Oleh sebab itu, dia berharap kegiatan LKS yang digelar pihaknya dengan tema “Mempersiapkan Kompetisi SDM yang Berdaya Saing pada Era 5.0” dapat menjadi wadah bagi para siswa.

Khususnya, dalam meningkatkan keterampilan khusus dan pengetahuan tentang dunia industri sebagai bekal untuk memperoleh pekerjaan.

"Tujuan utama kegiatan ini tidak hanya untuk memotivasi dan menginspirasi para pemerhati pendidikan menengah kejuruan. Tapi juga agar siswa SMK TKJ semakin menyadari pentingnya mengetahui perkembangan kebutuhan keahlian atau kompetensi yang spesifik guna memenuhi era digitalisasi," kata Wachid Sugiharto, dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Wachid Sugiharto juga mengungkapkan rasa bangganya terhadap talenta-talenta muda yang bersemangat mengikuti ajang kompetisi LKS Sahabat Ganjar.

Baca juga : Cari Talenta Berprestasi, Sahabat Ganjar Gelar Lomba Kejuruan SMK TKJ Se-Jatim

Menurutnya, semangat ini merupakan salah satu bentuk keinginan para penerus bangsa yang menginginkan Indonesia menjadi negara lebih baik di masa mendatang.

“Itu sebabnya. Para peserta didik SMK yang dipersiapkan untuk siap kerja dan dapat berprestasi di tingkat nasional maupun ke tingkat internasional perlu didukung untuk tidak hanya memiliki karakter kerja yang baik. Tapi melalui kegiatan ini juga akan memiliki jiwa kompetisi sesuai standar kompetensi tingkat nasional maupun internasional," ujarnya. 

Sahabat Ganjar sendiri telah menyiapkan hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang tunai dengan total hadiah mencapai Rp. 15 juta.

Dengan harapan pelaksanaan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kemajuan bangsa ini terus diminati generasi muda Indonesia.

Baca juga : DPRD DKI Usul Pembentukan Dewan Disabilitas Daerah

Salah satu peserta LKS Sahabat Ganjar, Neza Fariska menyampaikan bahwa Sahabat Ganjar telah memotivasi serta menambah pundi-pundi ilmu kepada seluruh peserta melalui ajang ini.

“Lomba ini banyak menambah ilmu dan pengalaman bagi saya dan teman-teman semua. Saya harap seluruh teman-teman melalui lomba yang diadakan Sahabat Ganjar ini bisa terus mengasah diri agar dapat membentuk jiwa penerus bangsa yang apik,” kata Neza Fariska, peserta LKS Sahabat Ganjar asal SMK Bina Cipta Palembang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.