Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menag Sebut Kerukunan Di Tanah Toba Terjalin Baik

Sabtu, 20 Agustus 2022 23:20 WIB
Menag Yaqut bersama Bupati Toba dan tokoh lintas agama dalan gelaran Penguatan Moderasi Beragama
Menag Yaqut bersama Bupati Toba dan tokoh lintas agama dalan gelaran Penguatan Moderasi Beragama

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bertemu tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat Toba dalam malam silaturahmi Penguatan Moderasi Beragama di Aula Institut Teknologi Del (IT DEL)  Laguboti, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara. 

Menurut Menag, moderasi beragama  bagi masyarakat Batak, khususnya di Kabupaten Toba, sudah tertanam dalam jiwa dan darah masyarakatnya. Moderasi beragama  yang melekat dalam di masyarakat Toba, juga menjadi cerminan kerukunan umat bergama di Indonesia. 

"Nyatanya selama ini tidak ada hal-hal yang menganggu kerukunan umat bergama di tanah Toba.Moderasi Beragama sudah mengalir dalam jiwa dan darahnya," kata Yaqut, Jumat (19/8). 

"Situasi keagaaaman dan sosial di bawah kepemimpinan Bupati Toba, Poltak Sutorus akan tetap baik-baik saja dan menjadi cerminan kerukunan di Indonesia," ujarnya.   

Baca juga : Kementan Genjot Penggunaan Biosaka Terhadap OPT dan Padi

Tampak hadir dalam silaturahmi bersama Menag, Bupati Toba, Poltak Sutorus, Kanwil Kemenag Sumut, Amri Siregar, Rektor IT Dell, Rektor IAKN Tarutung,  FKUB Kabupaten Toba, Kakankemenag dari 33 Kabupaten/Kota se Sumatera Utara. 

Hadir juga Stafsus dan Tenaga Ahli Menag di antaranya Wibowo Prasetyo,  Adung Abdul Rochman dan Hasan Basri Sagala. 

Dalam kesempatan itu, tokoh adat, tokoh masyarakat Toba dan FKUB melakukan prosesi adat pengulosan kepada Menag Yaqut Cholil Qoumas sebagai bentuk penghormatan dan tanda kasih masyarakat Toba. 

Menag menerima sertipikat hibah lahan seluas lebih 10 ribu meter persegi dari Ali Bakti Rambe untuk Kementerian Agama di Tapanuli Utara. 

Baca juga : Telkom Dorong Digitalisasi Kelas Dunia Di Kawasan Ibu Kota Negara

Silaturahmi penguatan moderasi beragama malam itu juga dirangkai dengan Deklarasi Tokoh Lintas Agama yang dibacakan oleh perwakilan tokoh agama Kristen, Katolik, Islam, Hindu, Buddha dan Khonghucu yang dilanjutkan dengan pidato kebangsaan oleh Hasan Basri Sagala. 

Bupati Toba, Poltak Sutorus menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas kehadiran Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas di tanah Toba 

Menurut Bupati Toba kehadiran Menag Yaqut diharapkan dapat terus memotivasi masyarakat Toba untuk selalu menjaga kerukunan umat beragama. 

"Indonesia bangsa majemuk namun disatukan oleh semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang menghormati perbedaan.  Di tengah keberagaman masyarakat Toba selalu menjaga kerukunan yang didukung oleh tokoh agama. Kami mengharapkan ada penambahan tenaga guru agama di sekolah yang ada di Kabupaten Toba, " harap Poltak Sutorus. 

Baca juga : 10 Orang Berebut 1 Kursi Dirjen Imigrasi

"Kerukunan umat bergama adalah modal utama dalam pembangunan.  Atas nama pemerintah Kabupaten Toba kami merasa terhormat dan bangga atas kedatangan bapak Menteri di tanah Toba,"  tandasnya.■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.