Dark/Light Mode

Juri Festival Karaoke Korporasi-Media Bimbing Penyanyi Lebih Profesional

Senin, 22 Agustus 2022 17:26 WIB
Festival Karaoke Korporasi dan Media Massa 2022 (Foto: Istimewa)
Festival Karaoke Korporasi dan Media Massa 2022 (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Festival Karaoke Korporasi dan Media Massa 2022 di Maxi Café, 15th Park Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/8) berlangsung seru dan meriah. Dalam kompetisi ini, para juri yang terdiri atas lady rocker Ranie Klees, penyanyi balada Tanah Air Hariyanto Boejl, dan Maxi King of Soul, memberikan penilaian dan saran kepada para peserta festival dan membimbing mereka agar menjadi lebih profesional.

Dari total 30 peserta yang mendaftar, muncul juara-juara dari kategori korporasi dan media massa. Dari kategori korporasi, Amel Queen (PT Kencana Teknik Solusi Me) tampil sebagai juara pertama. Juara kedua direbut Riska Paramita (Angkasa Pura 2), sedangkan juara ketiga diraih Adha Putra (BRI). Sementara, Juliasbi Bin Tanri (Coway Internasional Indonesia) meraih predikat juara harapan.

“Terima kasih atas keberhasilan menjadi juara pertama kategori korporasi ini. Para juri telah banyak memberikan masukan dan saran,” ucap Amel Queen, jebolan kompetisi Rising Star, Mamamia, dan Bintang Pantura.

Sedangkan dari kategori media massa, Hendri Tutuboy (Citra Indonesia) menjadi juara pertama. “Jujur saja, saya tidak menduga bisa menjadi juara pertama,” kata Hendri.

Kemudian, Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota) merebut juara kedua. Sedangkan, Dhera Arizona Pratiwi (Akurat.co) merebut posisi ketiga.

Baca juga : Lestari: Perlu Kolaborasi Hadapi Tantangan Krisis Global

“Mereka dinilai berdasarkan teknik vokal, penampilan di atas panggung, dan pemahaman tentang lagu yang dibawakan. Jujur, kemampuan para finalis dalam membawakan lagu mereka bagus. Penghayatan dan penampilan mereka juga bagus,” jelas Ranie Klees, seusai penjurian.

Sementara, Hariyanto Boejl, yang juga menjadi juri mengatakan, semua finalis memiliki peluang sama untuk menjadi pemenang. “Kualitas mereka beda-beda tipis. Persaingan sangat ketat akan terjadi, khususnya di kategori korporasi,” kata Hariyanto Boejl.

Latihan Vokal
Dalam kesempatan sama, Maxi King of Soul memberikan saran kepada para finalis. Menurut dia, para finalis dan peserta lainnya masih bisa mengembangkan talenta masing-masing dengan rajin latihan vokal.

“Terutama buat yang bercita-cita menjadi penyanyi, Anda bisa, lho, mengisi kegiatan dengan latihan vokal sendiri di rumah,” jelas Maxi.

Dia lalu memaparkan lima cara olah vokal sendiri. Pertama, menerapkan teknik pernapasan serta postur tubuh yang tepat. Kedua, membiasakan untuk pemanasan sebelum bernyanyi. Pemanasan yang baik dapat memudahkan mencapai nada tertentu, serta mengurangi risiko cedera pada tenggorokan. Ketiga, mengenali karakter vokal sendiri. Keempat, selalu menyempatkan latihan di sela kesibukan. Kelima, mempelajari tips dari penyanyi profesional.

Baca juga : Bek Asing PSS Sleman Janji Lebih Agresif

Festival Karaoke
Festival Karaoke Korporasi dan Media Massa kembali digelar tahun ini setelah sempat vakum lantaran pandemi Covid-19. Dalam event kali ini, BNI kembali turut berpartisipasi dan mendukung acara. Festival yang diprakarsai Empat Mata Elang, salah satu promotor musik ternama Tanah Air, ini sebelumnya sudah digelar sebanyak tiga kali yaitu 2017, 2018, dan 2019.

Festival karaoke ini sempat vakum pada 2020 dan 2021 lantaran pandemi Covid-19. Tahun ini, festival ini akhirnya kembali digelar.

“Festival Karaoke Korporasi dan Media merupakan ajang bagus untuk silaturahmi bagi wartawan dan karyawan korporasi. Selain menjalin tali silaturahmi, festival ini merupakan kesempatan bagi karyawan media massa dan korporasi, BUMN untuk menampilkan keahliannya dalam seni musik dan vokal. Semoga acara ini  dapat berjalan lancar dan sukses,” kata Wakil Pemimpin Divisi I Divisi Komunikasi Perusahaan dan Kesekretariatan BNI, Selly Adriatika.

CEO Empat Mata Elang M Soleh turut menjelaskan mengenai dunia seni musik. Menurut dia, seni musik adalah hasil cipta sebagai bentuk pengungkapan perasaan dan emosi yang dituangkan dalam bentuk suara atau audio dengan memperhatikan unsur-unsurnya berupa sehingga menghasilkan nada yang indah.

Musik terdiri atas beberapa unsur, yaitu melodi, harmoni, ritme, dan timbre. Musik termasuk sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki, dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Musik adalah sebuah fenomena unik yang dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Baca juga : Festival Film Tari Danc(E)motion Perpanjang Masa Penyerahan Video

“Tujuan acara ini di antaranya untuk menjalin keakraban antara wartawan dan korporasi, BUMN khususnya lewat seni musik. Diharapkan, melalui seni musik, semua orang dapat saling bertemu dan saling mengenal dan terjalin kebersamaan,” jelas M Soleh.

“Semua peserta menunjukkan talenta yang bagus terutama di kategori korporasi. Semoga, bakat-bakat mereka bisa tersalurkan dengan baik,” tambah M Sholeh.

Festival Karaoke Korporasi dan Media Massa 2022 menyediakan hadiah total bagi juara sebesar Rp 20 juta. Peserta festival karaoke ini merupakan wartawan dan fotografer yang bekerja di media cetak, online, maupun televisi atau di perusahaan BUMN/swasta, terutama dari pihak sponsorship.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.