Dark/Light Mode

Formula E Disiarkan 39 Lembaga Penyiaran Internasional

Jumat, 3 Juni 2022 14:45 WIB
Balapan mobil Formula E. (Foto: Istimewa)
Balapan mobil Formula E. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, balapan Formula E Jakarta di Ancol akan ditayangkan secara langsung (live) oleh 150 negara. Namun, dalam situs wikipedia hanya 39 lembaga penyiaran di 30 negara yang terdaftar menayangkan balapan mobil listrik ini.

Dalam situs https://en.m.wikipedia.org/wiki/List_of_Formula_E_broadcasters terungkap bahwa ke 30 negara yang menayangkan adalah Spot TV Hongkong, Stan Sport Australia, ORF Austria, RTBF Belgia, TV Cultura dan Sport TV Brasil.

TVS Sport dan TSN Canada, Esport 3 Catalonia, Canal 13 Chile, Caracol Television Columbia, sejumlah TV lokal di China, Eurosport Eropa, L’Equipe Perancis, ProSiebensat Jerman, Disney+ India.

Baca juga : Institusi Pendidikan Tak Boleh Abai Terhadap Penyebaran Ideologi Radikal

MNC dan RCTI Indonesia, Virgin Media Sport Irlandia, Media Set dan Skysport Italia, J Sport dan Nippon TV Jepang, ESPN Amerika Latin, Dubai Sport Mena, Fox Sport Meksico, Zigo Sport Belanda, Sky Sport Selandia Baru, Eleven Sport Portugal, SSC Arab Saudi, Spotv Korea Selatan, Super Sport Afrika, Mysport Swiss, Channel 4 Inggris, dan CBS Amerika Serikat.

Sejak diselenggarakan pada 2014, jumlah penonton televisi Formula E berjumlah 56 juta, naik menjadi 61,5 juta di tahun 2015, meningkat menjadi 330 juta di tahun 2017. Kemudian naik tajam menjadi 411 juta penonton di tahun 2019.

“Formula E kesempatan kami untuk mempromosikan Jakarta, mempromosikan Indonesia di hadapan dunia karena lebih dari 150 negara yang akan menyiarkan secara langsung kegiatan ini,” kata Anies di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/6).

Baca juga : Formula E, Sirkuit Jakarta Bisa Repotkan Pembalap

Namun Anies tidak merinci negara mana saja yang menayangkan Formula E secara live. Dalam akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, dia hanya menyebut siaran balapan Formula E Jakarta ditayangkan stasiun televisi di Singapura, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, dan China.

Sedangkan siaran untuk babak kualifikasi dan puncak balapan Formula E Jakarta akan ditayangkan di stasiun televisi swasta nasional. Yakni, Inews, Metro TV, dan RCTI. Sedangkan untuk sesi latihan dapat disaksikan melalui kanal Youtube, ABB Formula E. Sementara dilihat dari Wikipedia, gelaraan Formula E di Indonesia hanya disiarkan RCTI+ (MNC dan iNews), Vision+ dan Metro TV.

Total ada 22 pembalap dari 11 tim yang yang berasal dari Jerman, Inggris, Prancis, Monako, Amerika Serikat, India hingga China. Balapan Formula E Jakarta ini merupakan seri kesembilan. Berdasarkan jadwal dari Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E balapan Sabtu (4/6) akan dipadatkan dalam sehari.

Baca juga : Pemerintah Dan DPR Sepakati Tambahan Anggaran Operasional Haji 1443 H

Agenda pertama dimulai latihan bebas dua kali, yakni pukul 07.15 WIB dan 09.00 WIB. Kemudian sesi kualifikasi pada pukul 10.40 WIB-11.55 WIB dan balapan puncak dijadwalkan pukul 15.00 WIB-16.00 WIB. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.