Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemerintah Diminta Pertimbangkan Lagi Rencana Naikkan BBM Subsidi

Selasa, 23 Agustus 2022 19:52 WIB
Pengamat kebijakan publik dari Narasi Institute Achmad Nur Hidayat. (Foto: Istimewa)
Pengamat kebijakan publik dari Narasi Institute Achmad Nur Hidayat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah diminta mempertimbangkan kembali rencana menaikan harga BBM subsidi jenis pertalite dan solar. Pasalnya, kenaikan harga kedua BBM ini bukan kabar gembira bagi wong cilik pasca dihantam Pandemi Covid-19.

Pengamat kebijakan publik dari Narasi Institue, Achmad Nur Hidayat menyampaikan, BBM subsidi jenis pertalite dan solar merupakan dua jenis BBM yang banyak digunakan.

Baca juga : Penjabat Gubernur Sulbar Dorong Pembangunan Yang Tepat Sasaran

"Rencana kenaikan BBM jenis ini jelas akan menjadi berita buruk dan kekhawatiran publik," kata Achmad dalam keterangannya, Selasa (23/8).

Achmad mengakui subsidi BBM telah menghabiskan anggaran yang cukup besar, nilai kurang lebih mencapai Rp 502,4 triliun. Anggaran besar tersebut digunakan untuk menjaga agar angka inflasi tidak melonjak tinggi.

Baca juga : Mudahkan Penumpang, KAI Sediakan Layanan Vaksinasi Dan PCR Di Stasiun

Kendati demikian, sebut Achmad, rencana kenaikan BBM jenis pertalite dan solar belum tepat untuk dilakukan untuk saat ini. Sebab kondisi ekonomi masyarakat masih lemah pasca pandemi.

"Dampak yang harus ditanggung masyarakat dari kenaikan BBM ini sangat besar. Dan ini akan ada efek buruk yang berantai dimasyarakat," jelasnya.

Baca juga : Pemerintah Kudu Segera Tetapkan Kriteria Pembatasan BBM Bersubsidi

Diketahui, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan sebelumnya mengatakan, Presiden Jokowi kemungkinan besar akan mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi jenis Solar dan Pertalite pekan depan.

Karena itu, ia meminta masyarakat untuk bersiap-siap kalau nantinya pemerintah jadi menaikkan harga pertalite dan solar. Pasalnya, subsidi energi yang mencapai Rp 502 triliun telah membebani APBN. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.