Dark/Light Mode

Dewie Yasin Limpo Bebas

Keluar Penjara, Koruptor Malah Dikasih Bunga

Jumat, 26 Agustus 2022 07:30 WIB
Dewie Yasin Limpo. (Foto: ANTARA).
Dewie Yasin Limpo. (Foto: ANTARA).

 Sebelumnya 
Dia juga sempat terlihat melakukan sujud syukur di depan pintu masuk Lapas. Sebelum meninggalkan Lapas, dia berpamitan dengan petugas lapas.

Kepala Sub Registrasi Lapas Perempuan Kelas II Sungguminasa, Awaluddin Syam mengatakan, Dewie mendapat remisi HUT Kemerdekaan selama 4 bulan 15 hari. Sehingga, jika ditotal, ia mendapat 5 remisi, setara 8 bulan 15 hari.

Baca juga : Belum Ada Pengantinnya, Koalisi Parpol Masih Cair

Rinciannya, remisi khusus 2021 selama 1 bulan, remisi umum 2021 selama 2 bulan. Remisi khusus 2022 selama 1 bulan, remisi umum 2022 selama 3 bulan, remisi donor darah 2022 1 bulan 15 hari. Terakhir Dewie mendapatkan remisi HUT Kemerdekaan tahun 2022 sebanyak 4 bulan 15 hari.

Lalu, apa kata pengamat dengan kelakuan Dewie? Pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti Jakarta, Abdul Fickar Hadjar menyayangkan kejadian ini. Namun, gimmick seperti itu tidak bisa disalahkan. Karena saat ini, korupsi sudah menjadi pidana biasa, bukan sebagai kejahatan luar biasa (extra ordinary).

Baca juga : DKI Buka Pendaftaran Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul

Lagipula, terjadi perubahan paradigma di masyarakat dalam memandang korupsi. Ketika koruptor selesai menjalani hukuman, hanya ditempatkan sebagai musibah. Sehingga, begitu keluar, dianggap terbebas dari musibah.

Kenapa demikian? Karena tidak ada lagi korelasi antara hukuman dengan efek jera. Jika ditelusuri lebih jauh, masih ada kaitannya dengan ongkos politik yang mahal. Menurut dia, agar koruptor jera, hukuman yang pantas adalah dimiskinkan. “Menyita seluruh aset koruptor, di samping hukuman kurungan badan,” usul Fickar.

Baca juga : OTT Lampung Berkaitan Dengan Suap Penerimaan Mahasiswa Baru

Warganet juga nggak mau ketinggalan. Mereka ikut mengomentari pembebesan Dewie. “Kasih aja grasi ke semua koruptor. Lihat, ada efek jeranya nggak? Atau sekalian dikasih bonus duit karena berkelakuan baik,” ujar @anonapostate. “UU-nya cuma jadi pajangan,” cuit @A_Nur_A_2. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.