Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sowan Ke Sepuh Pahawang, Sandiaga Beri Alat Semprot Pestisida

Minggu, 28 Agustus 2022 18:15 WIB
Sandiaga menemui sepuh bernama Barmawi yang telah berusia 77 tahun di Pulau Pahawang, Lampung, Minggu (28/8). (Foto: Istimewa)
Sandiaga menemui sepuh bernama Barmawi yang telah berusia 77 tahun di Pulau Pahawang, Lampung, Minggu (28/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke Pulau Pahawang, Lampung. Sandiaga menemui sepuh bernama Barmawi yang telah berusia 77 tahun.

Sandiaga berbicang-bincang soal sejarah Pulau Pahawang yang menjadi tempat kelahiran Barmawi. Sandiaga juga memberikan alat semprot pestisida ke Barmawi yang sehari-hari biasa berkebun.

Baca juga : Di Acara Kirab Merah Putih, Kapolri Gelorakan Semangat Persatuan Bangsa

"Saya ingin menggali lebih banyak dari kakek Barmawi ini tentang Pulau Pahawang," ujar Sandiaga Uno di Desa Wisata Pulau Pahawang, Marga Punduh, Pesawaran, Lampung, Minggu (28/8).

"Ternyata di sini saya temukan sebuah transformasi masyarakat pertanian menuju masyarakat yang mengandalkan pariwisata, jadi ekonomi ekstraktif sekarang ditopang oleh ekonomi kreatif," lanjut Sandiaga.

Baca juga : Sandiaga Dorong Kemandirian Ekonomi Pesantren

Menparekraf menjelaskan, setiap pembangunan yang ada harus tetap merangkul masyarakat setempat. Dia pun memberikan contoh soal pariwisata yang berbasis masyarakat.

"Jadi seandainya kita mengembangkan pola homestay, bukan semuanya digantikan oleh resort-resort besar, tapi di pusat-pusat pariwisata itu mengandalkan homestay, mengandalkan sarana hunian pariwisata milik masyarakat, makanannya, kerajinannya juga dibeli oleh para wisatawan," ucapnya.

Baca juga : Sahabat Sandi Bekasi Beri Pelatihan Pembuatan Produk Lokal

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga memberikan sejumlah uang tunai ke Barmawi. Sebab Kakek Barmawi memberikan cenderamata berupa minatur masjid dari bata, namun Sandiaga justru ingin membelinya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.