Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Acara Kirab Merah Putih, Kapolri Gelorakan Semangat Persatuan Bangsa

Minggu, 28 Agustus 2022 15:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Presiden Jokowi, dan ulama kharismatik Habib Luthfi bin Yahya, melepas Kirab Merah Putih di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (28/8). (Foto: Istimewa)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Presiden Jokowi, dan ulama kharismatik Habib Luthfi bin Yahya, melepas Kirab Merah Putih di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (28/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lintas elemen bangsa, mulai dari instansi Pemerintah, tokoh agama, Polri, pemuda, mahasiswa, hingga pelajar menggelar kegiatan Kirab Merah Putih sebagai wujud untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang hadir dalam kegiatan tersebut, ikut menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai modal ataupun kekuatan utama untuk Indonesia dalam menghadapi segala macam tantangan.

"Acara ini adalah upaya kita semua untuk selalu menjaga semangat persatuan dan kesatuan, sebagai modal dasar dan modal utama kita untuk menghadapi berbagai macam tantangan bangsa," kata Sigit, di depan Istana Negara, Jakarta, Minggu (28/8).

Kegiatan pembentangan Bendera Merah Putih ini diselenggarakan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Rute kirab tersebut dimulai dari Istana Merdeka hingga Bundaran HI.

Baca juga : Kapolri Gelorakan Semangat Persatuan-Kesatuan Bangsa

Sigit menuturkan, Kirab Merah Putih juga masih merupakan rangkaian dalam memperingati momentum Hari Kemerdekaan Indonesia dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. "Hari ini kita bersama-sama dengan seluruh elemen bangsa baik dari instansi pemerintahan, kemahasiswaan, ormas-ormas total hari ini yang ikut bergabung kurang lebih 50 ribu orang. Kegiatan Kirab Merah Putih ini masih bagian dari rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun kemerdekaan," ujar Sigit.

Kirab merah putih dengan semangat menjunjung persatuan dan kesatuan ini, lanjut Sigit, sangat diperlukan bagi Bangsa Indonesia untuk menghadapi segala macam bentuk tantangan yang datang dari tingkat global maupun nasional. Tantangan tersebut di antaranya adalah pandemi Covid-19 yang masih melanda seluruh dunia, konflik Rusia dan Ukraina, yang memunculkan potensi ancaman krisis pangan dan energi bagi seluruh dunia.

"Apalagi kita dihadapkan situasi-situasi sangat sulit, kita hadapi pandemi Covid-19. Alhamdulillah, berkat persatuan dan kesatuan semua itu bisa dilalui dengan baik. Saat ini kita juga menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi berbagai macam masalah akibat perang Rusia dan Ukraina yang memunculkan krisis pangan dan energi," ujar eks Kabareskrim Polri itu.

Baca juga : Panggilan `Sayang` Dari Cewek Muncul Di HP Anggota DPR Cowok

Mantan Kapolda Banten ini juga menyinggung soal pentingnya menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan dalam menghadapi agenda nasional Pemilu 2024. "Ini tentunya harus terus kita ingatkan bahwa siapa pun pemimpinnya, persatuan kesatuan berada di atas segalanya. Sehingga, polarisasi yang pernah terjadi di tahun 2019, di tahun 2024 ini tidak boleh terjadi lagi," ucap Sigit.

Sigit juga menuturkan, Indonesia di 2030 akan mencapai bonus demografi. Sebab itu, diperlukan semangat persatuan dan kesatuan oleh seluruh elemen bangsa guna memanfaatkan bonus demografi ke arah yang lebih baik.

"Sehingga kita betul-betul bisa memiliki lompatan kemajuan mewujudkan SDM kita yang unggul. Semangat-semangat ini yang tentunya harus kita jaga. Kita kobarkan, untuk wujudkan tujuan nasional kita, melanjutkan visi misi Indonesia Emas di tahun 2045," tutur Sigit. 

Baca juga : Dipecat Dari Polri, Ferdy Sambo Ajukan Banding

"Mungkin itu semangat yang kita bangun di dalam Kirab Merah Putih hari ini, yang diikuti seluruh elemen. Kita harapkan ini menjadi suatu tradisi penguatan terhadap semangat seluruh elemen bangsa untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan," tambah Sigit.

Dalam acara Kirab Merah Putih ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan. Mulai dari, parade kirab merah putih, pawai, doa lintas agama, tausiah kebangsaan, sambutan, pembacaan ikrar, hingga hiburan. Kirab merah putih ini dilepas Presiden Jokowi dari depan istana merdeka bersama ulama kharismatik Habib Luthfi bin Yahya dan Kapolri.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.