Dark/Light Mode

Sowan Ke Gorontalo, Sandiaga Ditantang Kasih Merk Kerupuk Ubi Produksi Emak-Emak

Rabu, 13 Juli 2022 20:14 WIB
Momen itu terjadi saat Sandiaga bertemu Hamirah Kude (52), pembuat sekaligus penjual kerupuk ubi di pameran kuliner Desa Wisata Lonuo Bukit Arang, Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (13/7). Sandiaga tertarik untuk mencicipi kerupuk ubi buatan Hamirah. (Foto: Istimewa)
Momen itu terjadi saat Sandiaga bertemu Hamirah Kude (52), pembuat sekaligus penjual kerupuk ubi di pameran kuliner Desa Wisata Lonuo Bukit Arang, Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (13/7). Sandiaga tertarik untuk mencicipi kerupuk ubi buatan Hamirah. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan nama kerupuk ubi produk UMKM di Desa Wisata Lonuo Bukit Arang, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (13/7). 

Momen itu terjadi saat Sandiaga bertemu Hamirah Kude (52), pembuat sekaligus penjual kerupuk ubi di pameran kuliner Desa Wisata Lonuo Bukit Arang. Sandiaga tertarik untuk mencicipi kerupuk ubi buatan Hamirah.

Ketika itu Sandiaga melihat produk kuliner milik Hamirah masih terdapat kekurangan. Kerupuk ubi tersebut belum mempunyai nama produk dan kemasan yang menarik. 

Baca juga : Panen Mulai Marak, Harga Bawang Merah Bakal Kembali Normal

"Bu Hamirah sangat penting menamai produk ini. Ini (kerupuk ubi) harus kita kasih nama nih," kata Sandiaga di Puncak Bukit Arang.

Kemudian, Sandiaga ditantang untuk memberikan merek produk tersebut. Tanpa perlu waktu lama, Sandiaga langsung membuat merek produk Hamirah.

"Ubi bahasa Gorontalonya apa? Kasubi ya. Saya beri nama ini, karena ini juara desa wisata jadi Kerupuk Kasubi Lonuo Bukit Arang Asli Gorontalo," ucap Sandiaga.

Baca juga : Kemenag Gandeng Polri Beri Bekal Ke Penyuluh Agama

Selain memberi nama produk, Sandiaga juga membantu perbaikan kemasan, pendampingan hingga pemasaran. Sehingga kerupuk ubi buatan Hamirah bisa menambah nilai jual, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan ekonomi. 

"Kita ingin bantu Bu Hamirah untuk packaging dan pemasarannya, nanti kita buatkan kontennya. Saya punya tim untuk membantu pendampingannya," tegas Sandiaga.

Adapun kunjungan Sandiaga di Desa Wisata Lonuo Bukit Arang ini terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa Lonuo masuk sebagai 50 besar desa wisata terbaik tahun ini.

Baca juga : Jangan Mentang-mentang Sudah Booster, Abai Prokes...

Di Desa Wisata Lonuo Bukit Arang ini pengunjung dapat menikmati pesona alam dari ketinggian 347Mdpl. Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan perbukitan sekaligus suasana Kabupaten dan Kota Gorontalo.

Selain itu, Desa Wisata Lonuo Bukit Arang menjadi lokasi Paralayang satu-satunya di Gorontalo yang sangat diminati oleh para atlet paralayang baik dari Jawa, dan Manado.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.