Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kader PDIP, Saingan Berat Istri Ex Bupati Purwakarta

Jumat, 15 Juli 2022 07:45 WIB
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Iis Turniasih. (Foto: Istimewa)
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Iis Turniasih. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Iis Turniasih mulai bekerja untuk menghadapi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Purwakarta. Bahkan, politisi PDIP itu disebut bakal menjadi pesaing terberat Anne Ratna Mustika, Bupati Purwakarta, yang juga istri mantan Bupati Purwakarta sebelumnya, Dedi Mulyadi.

Koordinator Relawan Iis Turniasih Indung Kuring, Bubun Perkasa mengatakan, para relawan mulai bergerilya memasarkan nama Iis dengan sebutan Iis Turniasih Indung Kuring. Saat ini, ungkap dia, dukungan terhadap Iis terus berdatangan, setelah pihaknya mensosialisasikan Iis Turniasih Indung Kuring sebagai bakal calon Bupati Purwakarta.

“Dukungan terhadap Iis sebagai calon bupati, datang dari akar rumput. Selain mensosialisasikan nama Iis, para relawan juga menjaring aspirasi masyarakat terkait harapan dan agenda perubahan yang ingin dilakukan ke depan,” ujar Bubun kepada wartawan di Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), kemarin.

Baca juga : Sekjen PDIP: Pemikiran Bung Karno Menyatu Dalam Bumi Marhaenis

Lebih lanjut, ia menguraikan, relawan Iis berisi sejumlah tokoh muda Purwakarta, seperti Bubun Perkasa yang merupakan mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Purwakarta periode 2011-2013, dan mantan Ketum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Purwakarta periode 2014-2016, Kuswara Ratmadja, yang saat ini kini menjadi ketua harian relawan.

Selain itu, sambung dia, dukungan terhadap Iis juga datang dari Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Jabar, Ono Surono, pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Purwakarta, hingga pengurus PAC dan Ranting PDIP di Kabupaten Purwakarta. Bahkan, ungkap dia, jajaran-jajaran pengurus itu hadir dalam kegiatan relawan di wilayah Wanayasa, Rabu (13/7) lalu.

“Dukungan terhadap kader partai, memang harus dikanalisasi oleh partai politik. Jika tidak, mereka akan kehilangan ceruk untuk tambah suara dan kursi di DPRD, pada Pemilu Legislatif (Pileg) mendatang,” jelas dia.

Baca juga : Tergencet Inflasi AS, Rupiah Kurang Darah

Bubun menambahkan, relawan Iis bukan sekadar bekerja untuk Pilkada 2024. Menurut dia, para relawan juga bekerja sebagai tim pemenangan Iis Turniasih yang maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI.

“Ini kondisinya situasional. Sebab, ada sejumlah agenda penting di Tahun 2024, yakni Pemilu Presiden (Pilpres), Pileg, dan Pilkada,” tandasnya.

Ketua Harian Relawan Iis Turniasih Indung Kuring, Kuswara Ratmadja menambahkan, sosok Iis Turniasih sudah waktunya maju sebagai calon bupati atau menjadi caleg DPR RI. Sebab, Iis sudah dua periode terpilih sebagai anggota DPRD Jabar, serta memiliki popularitas dan elektabilitas yang merata di Purwakarta.

Baca juga : Puan Masih Nyantai

“Melihat beberapa kota/kabupaten di Jabar, PDIP berhasil mengantarkan kadernya menjadi bupati atau wali kota. Kondisi ini akan menambah keyakinan PDIP Purwakarta untuk mengusung dan menjadikan kadernya sebagai Bupati Purwakarta,” jelas dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.