Dark/Light Mode

Menkes Targetkan 60 Persen Gunakan Komponen Lokal

Produksi Alkes Mulai Bangkit

Senin, 29 Agustus 2022 07:55 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kedua kanan) didampingi Executive Chairman DV Medika Vincentius Lianto (keempat kanan) meninjau alat kesehatan di DV Medika, Kawasan Industri Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (27/8/2022). (Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kedua kanan) didampingi Executive Chairman DV Medika Vincentius Lianto (keempat kanan) meninjau alat kesehatan di DV Medika, Kawasan Industri Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (27/8/2022). (Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra)

 Sebelumnya 
“Jadi kalau ada pandemi lagi kita tidak bergantung dengan negara lain,” tutur mantan Wakil Menteri BUMN ini.

Melalui transformasi ini, perlahan Indonesia akan mampu memproduksi alat-alat kesehatan untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Meski baru mampu menghasilkan alat-alat kesehatan berteknologi rendah, eks Direktur Utama PT Inalum (Persero) ini berharap, industri kesehatan Indonesia terus berkembang. Sehingga nantinya mampu memproduksi alkes berteknologi tinggi.

Baca juga : PUPR Targetkan 9.300 Pekerja Konstruksi Tersertifikasi Sampai Akhir Tahun

“Sekarang kita sudah mulai, semua alkes kalau bisa diproduksi di dalam negeri. Ini salah satu inisiatifnya mulai dari tempat tidur, infuse pump, meja bedah, bed monitor. Kita bangun ini pelan-pelan,” tegasnya.

Diingatkan Budi, upaya mewujudkan kemandirian bangsa di bidang kesehatan itu membutuhkan dukungan dari para produsen dan UMKM.

Salah satunya, seperti yang dilakukan PT D&V Medika, yang bekerja sama dengan PT Mindray untuk memproduksi alat kesehatan elektromedik dalam negeri.

Baca juga : Pemerintah Patok 60 Persen Produksi Alkes Gunakan Komponen Lokal

Budi berterima kasih atas langkah D&B Medika yang disebutnya sebagai langkah besar itu.

“Baru mulai komitmen pada Desember tapi sekarang sudah mulai produksi. Memang ini start small, tidak apa-apa. Kita harapkan ini terus berkembang,” harap Budi.

Kolaborasi seperti ini diharapkan menjadi contoh bagi produsen lainnya. Dengan demikian, akan terjadi transfer teknologi mengenai teknik-teknik produksi, management produksi hingga proses distribusi yang lebih baik.

Baca juga : Targetkan Kenaikan Untung 20 Persen, Kioson Luncurkan Aplikasi WMS

Selain meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi alkes dalam negeri, Menkes juga meminta agar belanja alkes dalam negeri dimaksimalkan.

Komitmen ini sejalan dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.