Dewan Pers

Dark/Light Mode

KPU Beri Kesempatan Parpol Klarifikasi Data Keanggotaan Ganda

Selasa, 30 Agustus 2022 14:59 WIB
Komisioner KPU Idham Holik (Foto: Instagram/idhamholik)
Komisioner KPU Idham Holik (Foto: Instagram/idhamholik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi kesempatan kepada partai politik untuk melakukan klarifikasi atas dugaan keanggotaan ganda dalam keorganisasianya. Klarifikasi ini merupakan bagian dari tahapan verifikasi administrasi dokumen persyaratan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024.

"Saat ini sedang memberikan kesempatan bagi parpol yang keanggotaannya ganda eksternal untuk melakukan klarifikasi," ujar Komisioner KPU Idham Holik, seperti keterangan yang diterima RM.id, Selasa (30/8).

Berita Terkait : Polisi Setop Dulu Pemeriksaan Putri Candrawathi

Idham menyebut, klarifikasi atas data keanggotan ganda parpol sudah sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 309 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis bagi KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota dalam Pelaksanaan Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD. Dalam verifikasi administrasi terkait data ganda anggota, KPU melibatkan seluruh jajaran di tingkat kabupaten dan kota.

Sementara, berdasarkan jadwal, verifikasi administrasi di tingkat kabupaten dan kota itu berlangsung hingga 11 September dan diumumkan pada 14 September. “Sekarang masa untuk memberikan kesempatan untuk klarifikasi," ujarnya.

Berita Terkait : KPK Tahan Konsultan Pajak Jhonlin Baratama Dan Petinggi Bank Panin

Sebelumnya, Bawaslu menemukan 30 parpol yang mencantumkan identitas warga sipil dan pengawas pemilu sebagai kader. Pencatutan nama itu juga terjadi di Sipol KPU.■