Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Pengamat Maritim Dorong Penerapan i-Voting Bagi Pelaut Di Pemilu 2024

Rabu, 31 Agustus 2022 19:07 WIB
Capt. Marcellus Hakeng
Capt. Marcellus Hakeng

 Sebelumnya 
Hakeng mengatakan, pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Umum 2024 kurang dari dua tahun lagi. Tahapan pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 pun sudah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat awal Agustus 2022.

Selain keikutsertaan  partai politik dalam Pemilu 2024, peran serta masyarakat dalam pemilu juga sangat penting. Peran serta masyarakat (pemilih) itu dalam politik merupakan ukuran keberhasilan dari demokrasi.

Baca juga : Ganjar Dorong Pramuka Jadi Agen Perubahan Dengan Ukhuwah Islamiyah 

Dengan semakin banyaknya pemilih yang ikut dalam pemilu, maka menunjukkan semakin kuatnya tatanan demokrasi yang ada di negara tersebut. 

Disebutkan, berdasarkan data dari Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan, maka pada 16 September 2021 terdapat 1,2 juta pelaut Indonesia.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi BI Terbitkan Uang Kertas Baru Tahun Emisi 2022

"Ini merupakan jumlah yang besar karena jumlah pemilih dalam pemilu tahun 2019 saja sekira 158 juta pemilih. Atau hampir 1 persen dari total WNI yang memiliki hak pilih memilih berprofesi sebagai pelaut," ungkapnya.

Ditegaskan, bahwa saat ini masih dibutuhkan peran dan kehadiran negara agar Demokrasi Pancasila bisa dirasakan dengan berkeadilan di dunia maritim Indonesia.

Baca juga : Sandiaga Dorong Kemandirian Ekonomi Pesantren

"Kesulitan para Anak Buah Kapal mendapatkan haknya dalam memberikan suara saat berlangsungnya Pemilu adalah satu hal yang masih dirasakan dengan nyata, setidaknya sampai pemilu terakhir dilaksanakan di Indonesia tahun 2019," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.