Dewan Pers

Dark/Light Mode

Nasib Ganjar

Pamornya Meninggi Peluangnya Rendah

Senin, 5 September 2022 07:30 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) menyapa warga saat mengikuti kegiatan pelestarian budaya bertajuk 1.000 Kebaya Untukmu Indonesiaku di Griya Persada Convention Hotel & Resort Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (21/8/2022). (ANTARA FOTO/Aji Styawan/YU).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) menyapa warga saat mengikuti kegiatan pelestarian budaya bertajuk 1.000 Kebaya Untukmu Indonesiaku di Griya Persada Convention Hotel & Resort Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (21/8/2022). (ANTARA FOTO/Aji Styawan/YU).

RM.id  Rakyat Merdeka - Nasib Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 ini, begitu berwarna. Dilihat dari pamornya, dia begitu meninggi. Namun, dilihat dari peluangnya jadi capres justru makin merendah.

Untuk maju sebagai capres, Ganjar sebenarnya punya modal politik yang cukup besar. Dalam sejumlah survei, elektabilitas Ganjar sebagai capres terus meroket. Gubernur 2 periode itu, selalu menempati posisi 3 teratas, bersaing dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam survei terbaru yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI), Ganjar berada di posisi puncak, mengalahkan nama-nama besar lainnya, seperti Prabowo, Anies hingga Ridwan Kamil.

Berita Terkait : Partai Garuda: Pidato Jokowi Di Musra Lindungi Kebebasan Berpendapat

Survei LSI ini diselenggarakan 13-21 Agustus 2022. Sebanyak 1.220 responden dipilih secara acak dengan menggunakan metode multistage sampling dengan margin of error ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei tersebut, Ganjar menempati posisi teratas dalam metode pertanyaan semi terbuka. Dari 19 nama yang muncul, Ganjar meraih 24,5 persen. Di bawahnya ada Prabowo dengan 21,3 persen dan Anies mendapat 19,3 persen. Sedangkan Puan Maharani, berada di posisi terbawah dengan elektabilitas di angka 1,3 persen.

“Kali ini kami masih menemukan pola yang sama dengan sebelumnya,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, saat memaparkan hasil surveinya, secara daring, kemarin.

Berita Terkait : Sahabat Ganjar Akan Bangun Perpustakaan Digital Terbesar Se-Indonesia

Pada metode semi tertutup, posisi Ganjar tetap tak bergeming. Ganjar mendapat 24,9 persen, disusul Prabowo 22,9 persen, kemudian Anies 20,1 persen.

Bahkan, dalam simulasi 3 nama, Ganjar masih tetap unggul dari 2 pesaingnya. Ganjar mendapat 31,7 persen, Prabowo 30,1 persen, Anies 28,2 persen.

Meskipun menjadi tokoh yang dijagokan bakal menang bila diusung sebagai capres, hingga saat ini, Ganjar masih ‘dingin’. Ganjar belum senekat Sandiaga Uno yang bilang siap nyapres, di saat Prabowo sudah menggelar deklarasi. Ganjar beralasan, keputusan soal Pilpres ada di tangan Megawati.

Berita Terkait : Ganjar Dukung Sinergi ISEI Dalam Kebangkitan Ekonomi Daerah 

“Semua tegak lurus, dan itulah yang menjadi keputusan kongres. Itu prerogatif penuh Ibu ketua umum. Harus tegak lurus dengan ketum semua, tidak terkecuali, dan itulah kekuatan yang tadi disimpulkan dalam rapat,” jawab Ganjar, beberapa waktu lalu.
 Selanjutnya