Dark/Light Mode

Matching Fund Kedaireka 2022

Gandeng PGE Tenggamus, UBakrie Gagas Program Geowisata Kopi

Senin, 5 September 2022 14:13 WIB
Wakil dari Universitas Bakrie (UBakrie) bersama dengan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Tanggamus 
saat peresmian program pada 31 Agustus 2022 di Kantor Pusat PGE di Kacamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. (Foto : ist)
Wakil dari Universitas Bakrie (UBakrie) bersama dengan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Tanggamus saat peresmian program pada 31 Agustus 2022 di Kantor Pusat PGE di Kacamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Bakrie (UBakrie) bersama dengan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Tanggamus, berkolaborasi lewat Program Matching Fund Kedaireka 2022.

Dengan program yang diberi nama Geotourism-Coffee, kerja sama ini diharapkan dapat mengenalkan pariwisata desa dan mempromosikan kopi Tenggamus.  

Matching Fund sendiri adalah bentuk nyata dukungan Kemdikbudristek untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Perguruan Tinggi (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak Industri untuk kedaulatan Indonesia untuk reka cipta (Kedaireka).

Peresmian ini dilaksanakan pada 31 Agustus 2022 di Kantor Pusat PGE di Kacamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Baca juga : NasDem Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Kesehatan

Pertimbangan UBakrie melibatkan PGE Tanggamus sebagai mitra karena PGE Tanggamus telah membangun aset berupa mini coffee shop, rumah produksi kopi, Rumah Belajar Kopi, alat produksi pasca panen kopi, alat seduh kopi, hingga promosi kopi.

General Manager PGE Tanggamus, Andi Joko Nugroho menyampaikan rasa bangganya karena proposal MF Kedaireka 2022 yang diusulkan Bersama UBakrie disetujui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemenristek Dikti. 

"Saya berharap kolaborasi ini bersinergi dengan program usulan lainnya yang memiliki manfaat bagi masyarakat," kata Andi Joko Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/9).

Sebagai upaya pengembangan desa wisata, khususnya dalam peningkatan kapasitas organisasi desa wisata, UBakrie sendiri memiliki Pusat Studi Geopark (PSG) yang fokus pada pengembangan geopark dan Geowisata di Indonesia. 

Baca juga : Riza Minta Pj Gubernur Jakarta Terusin Program Warisan Anies

Ketua Pelaksana MF Kedaireka 2022, Eli Jamilah mengatakan, pengembangan kajian kopi sudah lakukan di Kintamani, Bali pada 2020 dan Tanjung Jabung, Jambi pada 2019.

Tahun 2022 ini, UBakrie bersama PGE akan membuat strategi branding destinasi Ulubelu dengan komoditas unggulan kopi dan wisata Geothermal. 

"Kami harap kegiatan geowisata kopi yang dilaksanakan antara kolaborasi UBakrie dengan PGE Tanggamus, menghasilkan tujuan awal dari kegiatan. Itu mulai pemetaan potensi program dan produk wisata, optimalisasi kapabilitas kelompok desa wisata dan petani kopi, hingga perencanaan strategi destinasi branding," jelas Eli Jamilah.

Dalam peresmian ini, UBakrie juga mengadakan pelatihan Pengelolaan Akuntansi dan Manajemen kepada Penggiat Pariwisata Desa yang memiliki minat pada mengembangan produksi kopi, bisnis dan promosi kopi.

Baca juga : Tanoto Foundation Perluas Program Pintar Siswa Ke Riau

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.