Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tarif Ojol Bakal Disesuaikan

Saatnya Kemenhub Benahi Transportasi Untuk Publik

Rabu, 7 September 2022 07:55 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Istimewa)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mengumumkan tarif baru ojek online (ojol) hari ini. Penyesuaian tarif ojol dilakukan dengan melihat kondisi terakhir penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Dirjen Perhubungan Darat mengintensifkan komunikasi dengan mitra pengemudi ojol dan pihak aplikator.

“Penyesuaian tarif ojol akan kami umumkan dengan besaran yang telah disesuaikan kondisi terakhir penyesuaian harga BBM,” ujar BKS-sapaan Budi Karya Sumadi, dalam keterangan resminya, kemarin.

Baca juga : BPIP Ajak Demonstran Kedepankan Etika Kepantasan Publik

Selain ojol, eks Dirut Angkasa Pura II ini juga akan melakukan penyesuaian tarif pada angkutan umum dan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

BKS menjelaskan, kenaikan tarif angkutan umum masih dalam pembahasan dengan sejumlah pemangku kepentingan. Mulai dari tingkat kementerian/lembaga hingga Pemerintah Daerah.

“Komponen bahan bakar menjadi yang cukup besar pada operasional layanan transportasi, berkisar antara 11-40 persen. Sehingga berbagai penyesuaian pun harus kami lakukan,” jelasnya.

Baca juga : John Riady: Genjot Kualitas Pendidikan Dan Kesehatan Harus Libatkan Semua Pihak

BKS meyakini, kenaikan harga BBM pada transportasi lain, seperti laut, udara dan kereta api kelas ekonomi tidak signifikan.

“Untuk transportasi udara, kami melihat tren penurunan harga tiket pesawat di waktu-waktu tertentu. Ini hal yang menggembirakan, sesuai harapan kita,” katanya.

Seperti diketahui, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno memastikan tarif baru ojol akan diumumkan, Rabu (7/9).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.