Dark/Light Mode

Omongin Sambo

Yuk, Kita Tonton Kapolri Disidang DPR Siang Ini

Rabu, 24 Agustus 2022 06:40 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Istimewa).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika tidak ada aral melintang, siang ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan disidang Komisi III DPR, di Senayan, perihal kasus mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Tak cuma soal kematian Brigadir J yang akan dikorek, tapi juga terkait isu konsorsium 303. Seperti apa sidangnya? Panas apa tidak? Yuk, kita tonton sama-sama.

Rapat Kerja Komisi III DPR dengan Kapolri dijadwalkan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB. Pertemuan itu akan membahas masalah yang tengah jadi sorotan publik saat ini, yang melibatkan banyak petinggi Polri.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni memastikan, pihaknya akan meminta penjelasan Kapolri secara menyeluruh atas kasus pembunuhan berencana yang dilakukan Sambo terhadap Brigadir J. Hasil pertemuan ini akan dicocokkan dengan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilakukan dengan Komnas HAM, LPSK, dan Menko Polhukam Mahfud MD, Senin (22/8).

Baca juga : Kamis, Sambo Hadapi Sidang Etik Propam

"Saya rasa, Mabes Polri sudah tahu dari a sampai z atas pengakuan para tersangka dengan pembuktian fakta di lapangan," kata Sahroni.

Selain itu, Komisi Hukum DPR ini juga akan menyoal dugaan keterlibatan petinggi kepolisian dalam skenario pembunuhan oleh Sambo. Menurutnya, insiden tersebut adalah momentum agar dilakukan revolusi mental di institusi kepolisian.

"Ini yang dibilangin revolusi mental di tubuh polri. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali," tegas Bendum Partai NasDem ini.

Baca juga : Netizen Salut, Kapolri Sigit Berani Non Aktifkan Kadiv Propam

Selain soal kasus kematian Brigadir J, Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi mengatakan, pihaknya juga akan mengorek isu lain yang belakangan ramai diperbincangkan publik: Konsorsium 303.

"Seperti ada persoalan tiba-tiba berkaitan dengan Satgasus (Satuan Tugas Khusus), judi online, narkoba, dan tiba-tiba ada sekian banyak anggota polisi yang terjerat kasus Sambo," kata Desmond.

Dalam skema Konsorsium 303 yang beredar, banyak petinggi Polri hingga pengusaha dicatut terlibat dalam praktik bisnis haram. Hingga ada pihak-pihak yang menyuarakan agar Kapolri dinonaktifkan sementara. Di antaranya digaungkan Fraksi Demokrat.

Baca juga : Strategi Kolaborasi Humas Polri Dipamerkan Dalam Festival Inovasi

Namun, soal usul menonaktifkan Kapolri ini ditolak banyak fraksi di DPR. Gerindra termasuk salah satunya. PDIP juga menolak mentah-mentah.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP, Trimedya Panjaitan, menilai Kapolri masih di jalan yang benar. "Kapolri on the track kok," ucap Trimed, dalam rapat Komisi III DPR dengan Mahfud MD dan LPSK, Senin (22/8).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.