Dark/Light Mode

Setelah Diperiksa KPK

Anies Makin Tenar

Jumat, 9 September 2022 06:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memenuhi panggilan untuk diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (7/9/2022). (Foto: TEDY OCTARIAWAN KROEN / RM)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memenuhi panggilan untuk diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (7/9/2022). (Foto: TEDY OCTARIAWAN KROEN / RM)

 Sebelumnya 
Pegiat media sosial, Faisal Assegaf menilai, urusan KPK dan mikrofon malah membuat Anies makin tenar. “Hahahaha mikrofon jadi gorengan baru. Itu pertanda 99 persen penghuni di KPK beri kesan memfasilitasi kampanye Anies yang semakin malaju jelang Pilpres 2024. Publik bebas membangun persepsi sebab reaksi KPK dinilai berbau politis dan tendensius,” ucapnya di akun @faisalassegaf.

Yang pasti, selain urusan mikrofon, Anies memang jadi makin tenar. Di dunia maya, namanya selalu jadi bahan obrolan dari yang positif hingga negafit. Seharian kemarin, Anies jadi trending topik Twitter. Di-twit netizen hingga 56.000 lebih.

“Viral! Usai diperiksa KPK, Anies malah disambut para awak media bak presiden pemenang Pilpres,” tulis @abu_waras. “Kok malah makin populer. Makasih ya gorengannya,” kata @Mdy_Asmara1701. “Semoga 2024 beliau Presiden RI. Rakyat rindu pemimpin yang cerdas, jujur, dan berwibawa,” sebut @Yayat24000848.

Baca juga : MotoGP, Maverick Makin Pede Juara

Namun ada juga yang tetap nyinyir soal Anies yang makin tenar usai diperiksa KPK. “Diperiksa KPK kok keren. Standarisasinya buat presiden rendah banget,” tandas @Combro_Jumbo. Akun @irfansyahirawan juga menyindir para pendukung Anies yang membagikan video usai pemeriksaan dikerubutin wartawan. “Bukan disambut, tapi mereka ingin tahu apa langsung pakai rompi oranye. Drun drun, gitu aja nggak ngerti,” jelas dia. “Seperti kebanyakan yang habis diperiksa KPK, diserbu wartawan,” terang @mbahbong4.

Analis Drone Emprit, Rizal Nova Mujahid mengatakan, makin ke sini memang tingkat keterkenalan Anies semakin kuat di dunia maya. Bahkan pemanggilan Anies di KPK kemarin, membuat namanya juga semakin populer di media sosial.

“Volume percakapan tentang Anies meningkat signifikan sejak Rabu, 7 September pagi pukul 11.00 WIB. Didorong pemanggilan dan kedatangan Anies ke KPK,” aku Nova saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Datang Kasih Jempol Pulang Kasih Jempol

Dijelaskannya, dalam 24 jam terakhir terdapat lebih dari 50.000 mention tentang Anies, dengan nada positif 43 persen dan negatif 43 persen. “Cukup berimbang,” lanjutnya.

Adapun percakapan tentang Anies fokus pada tujuh poin. Pertama pemanggilan Anies oleh KPK. Kedua konferensi pers Anies. Ketiga tudingan Anies melakukan korupsi. Keempat bantahan Anies melakukan korupsi. Kelima demo bayaran. Keenam tuduhan KPK bermain politik dalam kasus Anies. Terakhir kecurigaan pemanggilan oleh KPK merupakan salah satu langkah dari strategi jegal Anies capres 2024.

“Pembahasan tentang politik, masih lebih tinggi dibanding Formula E yang menjadi agenda pemanggilan KPK,” tukas dia. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.