Dark/Light Mode

Top! Ridwan Kamil Nari Ronggeng Beken Bareng 3.000 Penari di Bekasi

Sabtu, 10 September 2022 19:54 WIB
Top! Ridwan Kamil Nari Ronggeng Beken Bareng 3.000 Penari di Bekasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak kesulitan memperagakan Tari Ronggeng Beken saat diminta menari di atas panggung.

Mengenakan pangsi merah khas Betawi lengkap dengan peci dan sarung, gerakan tangan dan kakinya nampak begitu lentur mengikuti irama gamelan.

Baca juga : Istri Mendagri Tri Sebar 1000 Paket Sembako di Kabupaten Bekasi

Bersama 3.000 penari Ronggeng Beken lainnya, Ridwan Kamil ikut memeriahkan acara Pesona Nusantara Bekasi Keren (PNBK) di Stadion Patriot Candrabraga, Kota Bekasi, Sabtu (10/9/2022).

"PNBK ini luar biasa, kita sudah rindu acara seperti ini," kata Ridwan Kamil.

Baca juga : KPK Pastikan Kaburnya Bupati Mamberamo Tengah Bukan Karena Kebocoran Informasi

PNBK yang baru pertama kalinya digelar ini merupakan wadah kenusantaraan yang menampilkan seni budaya dari seluruh etnik Indonesia. Total ada 10.000 orang terlibat dalam PNBK.

Mereka merupakan warga dari beragam entis yang menetap di Kota Bekasi. Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat penyelenggaraan ini sebagai gelaran seni penampil terbanyak di Indonesia.

Baca juga : Ridwan Yakin Bisa Bersaing Di Lini Depan Persib

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, gelaran PNBK menunjukan bahwa Kota Bekasi merupakan Kota Pancasila. Ini terlihat dari keberagaman suku bangsa yang sangat kompak dan guyub.

"PNBK menunjukan Bekasi sebagai Kota Pancasila karena keberagaman tadi diperlihatkan dari berbagai etnis mulai dari Sumatera sampai Indonesia timur berkumpul di Bekasi, dan mereka sangat kompak dan guyub," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.