Dark/Light Mode

Rentan Tertular Covid-19

Anak SD Kudu Terus Diawasi Guru Dan Orangtua

Selasa, 13 September 2022 07:35 WIB
Ilustrasi - Sejumlah murid mengerjakan soal pelajaran di SDN Cibubur 04, Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ilustrasi - Sejumlah murid mengerjakan soal pelajaran di SDN Cibubur 04, Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
Di sekolah anak sangat rentan tertular Covid. Sebab itu kewaspadaan dan pengawasan harus terus dilakukan. Tidak hanya waspada dengan Covid tapi juga penyakit lainnya.

Retno juga menyarankan agar edukasi tentang Covid harus terus dilakukan. Baik melalui poster-poster, ataupun speaker di sekolah.

“Ini untuk mengumumkan secara berkala agar semua tetap menjalankan protokol kesehatan,” sarannya.

Kondisi pandemi Covid yang sudah landai seperti sekarang mestinya tidak menurunkan kewaspadaan. Semua harus tetap waspada terhadap berbagai virus dan penyakit.

Baca juga : Covid-19 Bakal Terus Bermutasi

“Ada waktu-waktu tertentu yang memang rentan untuk anak-anak longgar terhadap protokol kesehatannya misalnya jam istirahat, jam pergi dan pulang sekolah,” ingat Retno.

Orangtua juga dianjurkan untuk mengantar dan menjemput anaknya. Jika tidak sempat, bisa percayakan kepada keluarga lainnya yang bisa.

Soalnya, saat pulang sekolah, anak biasanya senang berkerumun dan kontak dengan orang di luar sekolah, yang mungkin saja orang tersebut sedang positif Covid.

Apalagi, saat musim hujan seperti sekarang, banyak penyakit atau infeksi yang bermunculan. Sehingga, akan samar antara Covid dengan flu biasa yang diderita anak.

Baca juga : Anak Cenderung Alami Gizi Buruk

Pada musim hujan ini pun, banyak penyakit menular lain yang bermunculan dan rentan menyerang anak.

“Infeksi saluran pernapasan atas (ispa) juga sangat tinggi. Itu menjadi penyebab masalah kesehatan tertinggi di berbagai wilayah,” tuturnya.

Ia meminta orangtua untuk proaktif memeriksa kesehatan anaknya ke dokter ketika mengalami gejala seperti demam tinggi, batuk, tenggorokan dan bersin-bersin. Lakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk memastikan apakah itu Covid atau bukan.

Jika misalnya positif Covid, langsung lakukan tracing (pelacakan) untuk mencegah infeksi di anggota keluarga lainnya atau memutus rantai penularan.

Baca juga : Pertebal Proteksi Dengan Booster

Namun jika negatif Covid maka tetap lakukan perawatan dan pengobatan influenza biasa sesuai rekomendasi dokter. Serta melakukan istirahat dan pengobatan teratur. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.