Dark/Light Mode

Survei PSI

Airlangga-Andika Ungguli Pasangan Capres-Cawapres Potensial

Kamis, 15 September 2022 17:41 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga penelitian Panel Survei Indonesia (PSI) melakukan jajak pendapat terkait calon presiden pilihan rakyat. Hasilnya, mayoritas masyarakat menjagokan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk mengikuti kontestasi Pilpres 2024.

Dalam jajak pendapat ini, PSI juga melakukan simulasi kandidat capres laki-laki berpasangan dengan perempuan. Pertanyaannya, pasangan mana yang akan dipilih jika Pilpres digelar hari ini.

Maka hasilnya pasangan Airlangga Hartarto-Khofifah Indar Parawansa dipilih sebanyak 27,28 persen. Kemudian Ganjar Pranowo-Susi Pudjiastuti 21,83 persen.

Baca juga : Golkar Unggul, Kans Airlangga Menangi Pilpres Menguat

Disusul Prabowo Subianto-Sri Mulyani 20,88 persen. Di posisi buncit ada pasangan Anies Baswedan-Puan Maharani 18,64 persen, dan tidak memilih sebanyak 11,37 persen.

Sementara untuk simulasi pasangan sipil-militer, preferensi pilihan masyarakat juga memenangkan Airlangga. Berduet dengan Moeldoko, Airlangga dipilih masyarakat sebanyak 27,28 persen. Jauh mengungguli Anies Baswedan-Gatot Nurmantyo yang hanya 19,18 persen.

"Bahkan kalau Airlangga berduet dengan Jenderal Andika Perkasa, elektabilitasnya tembus 31,08 persen. Menang mutlak dari Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono yang 18,21 persen," ujar Koordinator PSI Yuswiryanto, dalam keterangannya, Kamis (15/9).

Baca juga : Thomas Doll Banggakan Penguasaan Bola Skuad Persija

Sejurus dengan perolehan Airlangga, elektabilitas Golkar juga ikut terdongkrak. Mengungguli PDIP di posisi kedua, dan PAN di posisi paling buncit dengan perolehan parliamentary threshold 4 persen.

Nahasnya, PPP harus terlempar dari Senayan karena suaranya tidak tembus PT 4 persen.

"Golkar 17,33 persen, PDI Perjuangan 15,71 persen, Gerindra 15,32, Demokrat 6,86 persen, PKS 5,90 persen, PKB dengan 5,43 persen, NasDem 4,45 persen, dan PAN 4,23 persen. Sementara PPP 2,23 persen," cetus dia.

Baca juga : Survei Capres 2024, Airlangga Lewati Prabowo Dan Puan

Diketahui, metode penelitian PSI dilakukan dengan sistem pertanyaan tertutup. Untuk mendapatkan data-data penelitian ini mengunakan metode wawancara tatap muka mengunakan kuisioner dengan 1.150 Warga Negara Indonesia dan saluran telepon seluler dengan 430 Warga Negara Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.