Dark/Light Mode

Danny Pomanto Puji Kinerja Kapolrestabes Makassar

Kamis, 15 September 2022 23:01 WIB
Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto (kiri) depan bersama Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto (tengah). (Foto: Istimewa)
Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto (kiri) depan bersama Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto (tengah). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto memuji kinerja kinerja Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto dalam mencegah kriminalitas dengan membentuk dan membina organisasi pemuda seperti Batalyon 120.

“Saya bangga sekali dengan Pak Kapolrestabe. Saya atas nama Kota Makassar, menyampaikan terima kasih kepada Kapolrestabes, dan teman-teman yang berada di Batalyon 120,” kata pria yang akrab disapa Danny Pomanto ini, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (15/9).

Baca juga : Diundang PBB, Bukti Kinerja Kepala BNPT Moncer

Kata Danny, pihaknya bersama semua pihak pendekatan yang dilakukan cukup berbeda dengan pada umumnya, yakni dengan silent, strategy, dan soft.

Danny mengatakan, selama menjadi wali kota dua periode, di daerah yang dipimpinnya sering kali terjadi kekerasan, baik itu dari geng motor, tindakan kriminalitas di jalanan, maupun tindakan-tindakan kejahatan yang melanggar aturan lainnya.

Baca juga : Senin, Sandi Dilaporin Ke Mahkamah Partai

“Pada saat kami dilantik, kami mengalami sebuah situasi di mana-mana ada perang kelompok, di mana-mana ada pembusuran, bahkan satu lebih dari 30 titik terjadi pembusuran, 30 titik. Jadi kita harus ukur secara kuantitatif. Pada saat itulah, kebetulan beliau (Kombes Pol Budhi Haryanto) bertugas, kami berdiskusi, berdiskusi dengan tokoh-tokoh yang penyintas geng motor, apa yang sebenarnya terjadi ini,” ungkapnya.

Sementara, Budhi mengatakan, saya selaku Kapolrestabes, dirinya mempunyai program dari awal untuk semua anggota untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. “Salah satunya kita punya wadah yaitu restorative justice diatur dalam Peraturan Polisi Nomor 8 Tahun 2021 bagaimana masyarakat yang bermasalah dengan hukum yang mana pihak bisa mencabut laporannya, bisa berdamai di situ kita bisa langkah atau hal ini membantu," jelasnya.

Baca juga : Survei ASI: 70,4 Persen Responden Puas Kinerja Kapolri Tangani Kasus Brigadir J

Budhi melanjutkan, sejak ditugaskan di Makassar, dirinya langsung mencari mantan-mantan pelaku kriminal untuk direkrut di Batalyon 120 yang bertujuan agar menciptakan Kota Makassar aman. "Saya cari mantan-mantan pelaku yang bisa mempengaruhi pelaku untuk sadar untuk bisa menjadi baik untuk bisa menjadi masyarakat yang bermanfaat," kata mantan Kasubdit di Dittipidter Bareskrim Polri ini.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.