Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Sini Lain, Di Sana Lain

Si Bjorka Kaya Siluman

Jumat, 16 September 2022 06:40 WIB
Foto profil user BreachForums Bjorka. (Tangkapan layar Breached Forums)
Foto profil user BreachForums Bjorka. (Tangkapan layar Breached Forums)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya perburuan Bjorka, hacker anonim yang sepekan ini telah bikin geger republik masih belum menemui titik terang. Dua pemuda yang diamankan pihak kepolisian dari dua lokasi berbeda, masih belum terbukti. Di sini lain, di sana juga lain. Keberadaan si Bjorka kaya siluman, sulit dideteksi.

Padahal, perhatian pemerintah untuk memburu Bjorka tidak main-main. Presiden Jokowi bahkan sampai menggelar rapat khusus untuk membahas soal sepak terjang hacker yang telah meretas data milik sejumlah pejabat di media sosial. Bukti dari keseriusan itu, pemerintah membentuk Satgas Perlindungan Data yang terdiri dari Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Di bawah komando Menko Polhukam Mahfud MD, Satgas langsung bergerak untuk melacak dan menangkap Bjorka. Bahkan dalam konferensi pers sebelumnya, Mahfud bilang kalau Bjorka sudah diidentifikasi dan tinggal ditangkap.

Baca juga : Partai Garuda: Permainan Kurang Rapi, Bjorka Terlalu Cerewet

Tak lama usai Mahfud memberikan pernyataan pers, di dunia maya mulai heboh dengan sosok Bjorka. Pengguna Instagram dengan akun @volt_anonym menyebarkan info kalau Bjorka merupakan pemuda asal Cirebon, Jawa Barat bernama Muhammad Said Fikriyansyah (MSF).

Akun tersebut meyakinkan, kalau tudingannya itu didasari dengan kesamaan data yang diunggah dalam sebuah forum gelap antara user Bjorka yang memakai inisial msff. Warganet lain yang kepo ikut membagikan postingan dari akun @volt_anonym.

Benarkah MSF adalah hacker yang sedang diburu itu? Mengetahui namanya disebut-sebut sebagai Bjorka, MSF langsung memberikan klarifikasi. MSF menegaskan, dirinya hanya editing video bukan hacker.

Baca juga : Didampingi Prabowo, Jokowi Akan Beri Bansos di Pasar Tual Maluku

Pihak kepolisian yang mendapat kabar tersebut langsung bergerak. Pria berusia 17 tahun ini diperiksa polisi untuk dilakukan pendalaman. Hasilnya, pemuda asal Desa Klayan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon itu tidak terbukti sebagai sosok di balik Bjorka.

“Jadi memang belum ditemukan fakta-fakta yang mengarah ke sana,” kata Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota, AKP Perida Apriani Sisera, kemarin.

Dari Cirebon, perburuan berlanjut ke Madiun, Jawa Timur. Muhammad Agung Hidayatulloh (MAH), pemuda lulusan Madrasah Aliyah diciduk polisi atas tuduhan sebagai Bjorka. Dia ditangkap Tim Siber Polri, Rabu (14/9/) sekitar pukul 18.30 WIB. MAH langsung menjalani pemeriksaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.