Dark/Light Mode

Penjajakan Koalisi NasDem, PKS Dan Demokrat Alot

Capresnya Sudah Ada Cawapres Belum Deal

Minggu, 25 September 2022 06:30 WIB
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya. (Foto: Istimewa).
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Sebaiknya ketiga parpol tersebut melakukan musyawarah untuk mengusul­kan figur, dan jangan sampai ada yang tidak menghargai usulannya,” saran @Muhammad_Makhfudz.

Akun @Timbul_Santoso menyarankan Anies Baswedan menjadi kader Partai NasDem sebagai capres. Sedangkan cawapres diserahkan untuk PKS. Sedangkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) harus bersabar menjadi menteri.

“Nanti dalam Pemilu 2029, AHY baru menjadi cawapres,” usul @Timbul_Santoso.

“Bukannya Anies dan AHY sudah final menjadi capres dan cawapres, karena su­dah banyak dukungan nitizen,” sahut @Muji_handoyo.

Baca juga : DKI Tetapkan Jalan Pasar Baru, Batu Penggilingan Dan Prasasti Padrao Sebagai Benda Cagar Budaya

Menurut @Sri_hono, meski Demokrat belum ketok palu menentukan cawapres, tapi Majelis Tinggi Demokrat sudah harga mati bahwa cawapresnya adalah AHY. Karena itu, sulit bagi Demokrat berkoalisi.

“Siapapun capres dan cawapres, jangan membawa-bawa politik identitas, karena bisa memecah belah umat karena bisa saling bermusuhan karena beda pilihan,” ujar @Ah_firdaus.

Akun @Jebe_Tam melihat, koalisi NasDem, Demokrat dan PKS memang tidak ada pilihan lagi. Sehingga, tidak tahu ke depannya apakah koalisi ini bisa bertahan atau tidak.

“Koalisi mlaku dewe-dewe, akhire bubrah karena nggak ada kesepakatan di antara mereka,” ujar @Jo_black.

Baca juga : Elite Demokrat Dan Elite Banteng Saling Adu Data

Akun @Doni_Simbara menilai NasDem tidak akan dapat apa-apa bila berkoalisi dengan PKS dan Demokrat. Soalnya, kedua partai tersebut su­dah berjalan bersama sebagai oposisi Pemerintah.

“Jadi, NasDem akan belajar lagi dengan gaya dua partai ini,” kata dia.

Namun, @Giru_Giru curiga, alotnya koalisi ketiga parpol hanya akal-akalan NasDem yang ingin mengulur-ulur waktu. Pada akhirnya, NasDem akan ikut PDIP.

“NasDem akan bangkrut kalau ikut koalisi PKS dan Demokrat,” katanya.

Baca juga : Pekan Depan, Puan Dan Prabowo Berkuda Bareng Di Hambalang

“Koalisi NasDem-PKS dan Demokrat adalah koalisi impian. Top markotop dah,” puji @Bamz2018. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.