Dewan Pers

Dark/Light Mode

Nyaman Dengan NasDem Dan PKS

Demokrat Kebelet Kawin

Jumat, 22 Juli 2022 08:00 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Jansen Sitindaon. (Foto: YouTube)
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Jansen Sitindaon. (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat mengaku nyaman berkomunikasi politik dengan Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Komunikasi tiga partai ini bisa diharapkan berlanjut dengan membentuk koalisi, menghadapi Pilpres 2024.

“Semoga kenyamanan ini bisa naik ke pelaminan, kan begitu,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Jansen Sitindaon kepada Rakyat Merdeka, di Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Ketua NasDem-Demokrat Di NTB Bakal Dijodohkan

Jansen tidak menampik keinginan akar rumput Demokrat mendorong Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maju di Pilpres 2024. Saat ini, juga berkembang keinginan menduetkan AHY sebagai cawapresnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dia optimis, berangkat dari kenyamanan, seandainya koalisi Demokrat-PKS-NasDem terwujud, akan membuat mesin-mesin partai bergerak lebih maksimal lagi menyambut Pemilu 2024. Jansen pun berharap, agar duet Anies-AHY bisa terealisasikan.

Berita Terkait : Depok Ngebet Gabung DKI

Meski begitu, politisi muda Demokrat ini mengamini persoalan komposisi Capres-Cawapres saat ini sifatnya masih prediktif. Pasalnya, partai peserta Pemilu baru ditentukan pada 13 Desember 2022. Apalagi, pendaftaran Capres-Cawapres baru dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) 19 Oktober 2023.

Selain itu, melihat komposisi kekuatan parpol memenuhi Presidential Threshold (Preshold) 20 persen, hanya terpenuhi PDIP. Parpol Senayan lainnya, harus melakukan koalisi untuk mengusung Capres-Cawapres. Termasuk, Partai Demokrat. “Jadi, soal Pilpres, masih panjang itu,” pungkasnya.
 Selanjutnya